Home Kesehatan Psikiater: Hampir 800 Ribu Orang Bunuh Diri pada 2019

Psikiater: Hampir 800 Ribu Orang Bunuh Diri pada 2019

Jakarta, Gatra.com- Angka bunuh diri di dunia telah mencapai hampir 800 ribu jiwa pada tahun 2019 lalu. Meski demikian, tiap tahunnya sudah dilakukan usaha untuk awareness atau kesadaran akan hal tersebut kepada seluruh masyarakat global.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Rumah Sakit (RS) Medika Permata Hijau dr. Ezra Ebenezer Soleman, via Zoom dalam webinar awam bertajuk "Mengenal Tanda-Tanda Resiko Bunuh Diri" pada Kamis, (16/9).

Sementara itu ia menuturkan orang yang memiliki resiko bunuh diri, dapat terlihat seperti biasa. Di mana hanya orang yang mempunyai masalah kejiwaan atau terdapat gangguan jiwa yang akan mempunyai resiko bunuh diri.

Adapun kata Ezra, gangguan jiwa, gangguan mental, mental disorder, mental illness itu semua sama sejatinya. Namun, kadang-kadang tabu sekali menyebutkan gangguan jiwa dikarenakan orang akan berfikir itu hanya skizofrenia yang bentuknya kacau.

Ia juga mengatakan dalam konteks gangguan jiwa, maksudnya adalah keseluruhannya. Di mana semua orang dapat mengalaminya dan kata jiwa yang ia maksud adalah dari sudut pandang kedokteran. "Semua orang bisa mengalami gangguan jiwa," ucap psikiater itu.

321