Home Hukum Kenal di Medsos, Hamil, Buang Bayi di Kali Berakhir Bui

Kenal di Medsos, Hamil, Buang Bayi di Kali Berakhir Bui

Pati, Gatra.com- Orangtua pembuang bayi laki-laki di bawah jembatan Sungai Dukuh Gebang, Desa Sumur, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Jawa Tengah akhirnya berhasil dikuak pihak kepolisian. Ternyata, si ibu bayi tersebut masih berstatus pelajar. 
 
Kapolsek Cluwak, AKP Tri Gunarso mengatakan, ibu kandung bayi itu tak lain merupakan warga setempat. Aksi tersebut dilakukan pelaku, lantaran tak kuat menanggung malu karena melahirkan seorang bayi sebelum menikah. "Sudah kami amankan, statusnya sudah tersangka. Masih sekolah, usianya baru 16 tahun," ujarnya melalui sambungan telepon, Selasa (21/9) petang. 
 
Mirisnya, diungkapkan Kapolsek, jika perempuan tersebut tidak mengetahui nama asli dan alamat si ayah dari bayi. Pasalnya, pelaku mengenalnya melalui platform media sosial (Medsos). 
 
"Dari keterangan yang kami dapatkan, perempuan tersebut tak begitu mengenal sosok ayah dari bayi. Bahkan namanya saja dia mengaku tidak tahu, kenal di medsos pada bulan Januari. Akan kami dalami lagi," ungkapnya. 
 
Setelah itu, dua sejoli yang lagi kasmaran itu memutuskan untuk ketemuan di Kelet, Kabupaten Jepara. Saat itulah hubungan terlarang keduanya terjadi. Lepas pertemuan, lelaki itu tidak pernah muncul lagi, bahkan untuk bertukar kabar. "Media sosial dan kontaknya semua telah diblokir. Sehingga si perempuan pun bingung untuk meminta pertanggungjawaban," imbuhnya. 
 
Guna menutupi kehamilannya, dalam kesehariannya si ibu selalu mengenakan pakaian longgar. Pelaku juga lebih banyak berdiam diri di dalam rumah, agar para tetangga tidak mengetahui kehamilannya. 
 
Proses kelahiran bayi itu pun cukup dramatis. Di mana, tidak ada yang membantu proses persalinannya. Semua ditangani seorang diri di sebuah kebun. "Proses kelahirannya sendiri terjadi sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu yang bersangkutan merasa mules sehingga lari ke kebun di belakang rumah. Disitulah diduga proses melahirkan terjadi," jelasnya. 
 
Setelah sang bayi lahir, pelaku kemudian berniat untuk membersihkam diri di sungai setempat. "Menurut keterangan, ada orang lewat saat membersihkan diri di sungai. Dia pun lari dan meninggalkan bayinya di situ," bebernya. 
2261