Home Ekonomi PT Bukit Asam Terima Penghargaan Gatra Apresiasi Energi 2021

PT Bukit Asam Terima Penghargaan Gatra Apresiasi Energi 2021

Jakarta, Gatra.com – PT Bukit Asam Tbk. menerima penghargaan Gatra Apresiasi Energi 2021 untuk kategori perusahaan yang resilien, transformatif, dan konsisten dalam hilirisasi minerba melalui gasifikasi batubara pada hari ini, Kamis (30/9).

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Suryo Eko Hadianto, bersyukur atas penghargaan tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih mewakili seluruh insan Bukit Asam di mana Gatra pada kesempatan kali ini memberikan award, memberikan penghargaan, kepada kami,” ujarnya.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tengah mengembangkan proyek gasifikasi yang dinilai menjadi pilar bisnis perusahaan tersebut ke depan. Gasifikasi akan menjadi produk turunan dari batubara. Proses gasifikasi PTBA adalah mengubah batubara menjadi Dymethil Ether (DME) yang akan berfungsi sebagai pengganti LPG. Proyek gasifikasi ini diharapkan dapat mewujudkan kemandirian energi.

Proyek tersebut nantinya akan dilakukan di Tanjung Enim selama 20 tahun. Selain memperbaiki neraca perdagangan, proyek ini juga diharapkan dapat menarik investasi asing. Selain itu, penggunaan porsi TKDN dalam proyek diharapkan akan dapat memberdayakan industri nasional dengan penyerapan tenaga kerja lokal hingga 10 ribu orang.

Gasifikasi batubara ini menjadi bagian dari transisi energi ke energi hijau dan circular energy yang menjadi prioritas. Proyek DME ini akan dijalankan secara paralel dengan proyek carbon capture, utilization and storage (CCUS).

Oleh karena itulah PTBA memperoleh penghargaan dari Gatra di atas. Suryo melihat bahwa penghargaan yang pihaknya terima ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi perusahaannya.

“Kami berucap terima kasih. Semoga award ini bisa memberikan energi bagi Bukit Asam untuk berkarya lebih baik untuk nusa dan bangsa dan untuk rakyat Indonesia,” ujar Suryo.

122