Home Info Kemenhan Latih Pemuda TNI AD Siapkan Sistem Pertahanan Bersifat Semesta

Latih Pemuda TNI AD Siapkan Sistem Pertahanan Bersifat Semesta

104

Palembang,Gatra.com - Kodam/II Sriwijaya membina pemuda sejak dini agar memiliki sikap disiplin terampil berjiwa kesatria, rasa cinta kepada tanah air dan memiliki kesadaran bela negara. Hal itu dilakukan sebagai upaya kesiapan komponen cadangan dan pendukung dalam rangka pertahanan negara.

Dikatakan, Pangdam II_Sriwijaya, Mayor Jenderal TNI, Agus Suhardi yang disampaikan Aster Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Arh Fithrizal Setiawan , S.Sos., M.Sc. bahwa berdasarkan undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia  Pasal 1 Point 6 dijelaskan bahwa sistem pertahanan negara adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya.

Serta, dipersiapkan secara dini oleh pemerintahan dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

"Guna terwujudnya sistem pertahanan yang bersifat semesta, TNI AD melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui pembinaan teritorial," Kata Mayjen Agus Suhardi, yang disampaikan Aster Kasdam II/Sriwijaya Kamis (3/9). Usai melaksanakan kegiatan pembekalan kader rakyat terlatih Kodam II/Sriwijaya TA 2021, pada awal bulan (1-3) September kemarin di Bumi Perkemahan Cadika, Palembang, Sumatera Selatan.

Pangdam II/Sriwijaya juga berharap dengan adanya kegiatan yang diikuti para pelajar, mahasiswa, pramuka Dan generasi muda dapat mendukung dalam penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung di wilayah Kodam II/Sriwijaya.

Besar harapan kami kepada seluruh peserta agar tingkatkan kembali pengetahuan dan keterampilan. Serta, kembangkan rasa persaudaraan dan persatuan di kalangan generasi muda dalam kegiatan yang bersifat aktif, kreatif, inovatif dan edukatif.

"Saya titipkan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia kepada adik-adik generasi muda sebagai penerus bangsa yang membawa bangsa Indonesia sebagai bangsa pemenang," pungkasnya.


 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS