Home Politik Pecah Perang di Intan Jaya? TPNPB-OPM Klaim Kuasai Bandara

Pecah Perang di Intan Jaya? TPNPB-OPM Klaim Kuasai Bandara

Ondomo, Gatra.com- Kelompok yang menamakan dirinya Tentara Nasional Pembebasan Papua Barat-Organisa Papua Merdeka (TPPB-OPM) mengklaim menguasai Bandara Intan Jaya di Ondomo. “Perang masih berlangsung,” kata Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, 29/10.

Menurut Sebby, TNI Polri melakukan penyisiran di lingkungan pemukiman warga dan menangkap tiga orang. Mereka yang ditangkap adalah Ales Abugau, Nope Japugau dan Yopina Songgonau. Mereka dibawa ke Polres Intan Jaya untuk diinterogasi.

Dalam melakukan tindakan terukur di Intan Jaya diklaim melakukan serangan udara. “TNI Polri telah kasih turun bom. Nopelinus Sondegau tewas dan satu anggota masyarakat luka-luka,” kata Sebby.

TPNPB-Opm melakukan perlawanan sehingga pecah perang. Komandan TPNPB-OPM Undius Kogeya melaporkan bahwa perang telah berlansung sejak 24 October 2021. “Sampai sekarang masih berlangsung,” katanya.

Undius mengkalim telah menembak mati empat anggota TNI Polri. Sebuah klaim yang sulit untuk diverifikasi. “Empat orang pasukan TNI Polri tewas tertembak peluru pasukan TPNPB di Bandara Intan Jaya di Ondomo,” klaim Sebby.

Penanggungjawab perang di Intan Jaya yaitu Panglima Kodap 8 yaitu ‘Brigjen’ Sabinus Waker dan Komandan Operasi Gusby Waker.

1316