Home Nasional Rayakan Natal 2021, Peradi Jakbar Galang Donasi untuk Korban Erupsi Semeru

Rayakan Natal 2021, Peradi Jakbar Galang Donasi untuk Korban Erupsi Semeru

Jakarta, Gatra.com – Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia Jakarta Barat (DPC Peradi Jakbar) menggalang donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur (Jatim). Penggalangan donasi tersebut puncaknya dilakukan pada malam perayaan Natal 2021 DPC Peradi Jakbar pada akhir pekan kemarin di Jakarta.

Ketua DPC Peradi Jakbar, Suhendra Asido Hutabarat, di Jakarta, Senin (20/12), menyampaikan, perayaan Natal bertema ”Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan" ini merupakan kali pertama di bawah kepengurusannya setelah dilantik pada 26 November kemarin oleh Ketua Umum DPN Peradi, Otto Hasibuan.

“Luar biasa, perayaan Natal dengan semangat mengasihi sesama, semangat persaudaraan karena Natal kami rayakan juga dengan kegiatan kemanusiaan, menghadirkan anak-anak dan memberikan santunan untuk Panti Asuhan Anugerah Rumah Pemulihan serta persembahan untuk diberikan bagi korban erupsi Gunung Semeru,” ungkapnya.

Asido menyampaikan, DPC Peradi Jakbar sebelum dilantik sudah melakukan beberapa kegiatan sosial dan keagamaan, bakti sosial Ramadan, buka puasa bersama, serta program Peradi Jakbar Peduli yang memberikan santunan uang duka kepada keluarga dari rekan-rekan DPC Peradi Jakbar yang telah berpulang dalam masa pandemi Covid-19.

“Munculnya pemikiran mengadakan perayaan Natal adalah saat DPC Peradi Jakbar mempersiapkan perayaan Maulid Nabi Muhammad yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2021, sehingga waktu persiapan panitia Natal sangat sempit hanya 10 hari,” ujarnya.

Menurutnya, ini merupakan implementasi dari tema di atas dan subtemanya, yakni “Hendaklah Kita Saling Mengasihi dengan Segenap Hati dalam Kasih Persaudaraan yang Tulus dan Ikhlas”. Ini juga menjadi pesan Natal 2021 DPC Peradi Jakbar.

Asido menjelaskan, meski pun pandemi Covid-19 yang masih berlangsung dan melahirkan berbagai keterbatasan, termasuk ekonomi, tetapi tidak menyurutkan para advokat, baik yang merayakan Natal dan tidak, tetap mengulurkan tangan untuk meringankan beban saudaranya.

“DPC Peradi Jakbar terpanggil untuk menyelenggarakan Natal dan juga misi kemanusiaan, dengan semangat kemanusiaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Natal 2021 DPC Peradi Jakbar, Vanly Vincent Pakpahan, menyampaikan, panita perayaan Natal ini bukan hanya advokat yang beragama Kristen, tetapi lintas agama.

“Dengan keberagaman kami, baik Kristen, muslim, dan agama lainnya, ini membuktikan walaupun kami berbeda-beda, tetapi satu hati dalam menyukseskan perayaan Natal ini,” ungkapnya.

Perwakilan dari Panti Asuhan Anugerah Rumah Pemulihan menyampaikan terima kasih kepada DPC Peradi Jakbar yang telah mengundang anak-anak panti asuhan untuk merayakan Natal bersama serta mendapatkan santunan. “Harapan kita, cinta kasih Kristus ini terus kita amalkan,” ungkap ibu asrama panti asuhan tersebut.

Pendeta Marietta F.J. Simanjuntak dalam khotbahnya menyampaikan bahwa cinta membuat manusia bersaudara. Tuhan telah merancang bahwa manusia memberi dan menerima cinta.

Menurutnya, cinta Tuhan itu tidak seperti iklan niaga yang menerapkan syarat dan ketentuan berlaku?. “Cinta Tuhan itu unconditional love. Cinta tak bersyarat yang mencintai dengan sungguh-sungguh karena itulah cinta kasih Kristus. Cinta sejati itulah yang bisa menggerakkan persaudaraan,” ungkapnya.

Menurutnya, persaudaan itu bukan hanya karena hubungan satu darah, suku, agama, dan berbagai persamaan lainnya, melainkan karena berbagai perbedaan. Ini lahir dari cinta yang tulus, solidaritas, serta empati.

“Kalau masih bersyarat cinta kita, maka keteladanan, kepedulian hanyalah kepada sesuku, seagama, semarga, selevel, dan seterusnya. Tetapi kalau kita pahami cinta kasih Kristus, solidaritas berdasarkan empati, itulah betul-betul persaudaraan tanpa melihat agama, suku, ras, level, dan sebagainya,” kata dia.

Acara Natal DPC Peradi Jakarta Barat ini dihadiri oleh Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan, dengan kesaksian pujian dari penyanyi Rany Simbolon, Dorman Manik, Chrisly Polii, Pdt Ferry Polii, Randi Lapian dan standup comedy Rony Imannuel (Mongol stres).

236