Home Olahraga Bona Ventura Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Jateng, Ganjar: Jangan 'Leda-lede'

Bona Ventura Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Jateng, Ganjar: Jangan 'Leda-lede'

Semarang, Gatra.com- Bona Ventura Sulistiana secara aklamasi terpilih sebagai ketua umum KONI Jawa Tengah (Jateng) periode 2021-2025 pada Musorprov KONI Jateng di Hotel Patra, Semarang, Kamis (23/12).

Para peserta Musyawarah Musyarawah Olahraga Provinsi (Musorprov) berjumlah 91 orang terdiri atas perwakilan KONI kabupaten/kota, pengurus provinsi cabang olahraga, dan enam badan fungsional KONI sepakat memilih Bona Vantura.

Mantan anggota DPRD Jateng tersebut merupakan calon tunggal ketua umum KONI Jateng periode 2021-2025.

Proses pemilihan ketua umum KONI Jateng dalam sidang dipimpin Ketua Umum Pengprov Persambi (Sambo) Jateng, Dance Ishak Palit, didampingi Ketua IPSI Jateng Heri Nuryanto, Sekretaris Perpani Jateng, Martin Sudarmono, Ketua KONI Banjarnegara Nurochman Ahong, dan Ketua KONI Surakarta Lilik Kusnandar.

Musorprov yang dibuka Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo berjalan lancar. Peserta menerima pertanggungjawaban pengurus KONI Jateng periode 2017-2021 yang disampaikan pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana.

Menurut Bona Ventura tantangan sebagai ketua umum KONI Jateng ke depan cukup berat untuk mengembalikan Jateng sebagai salah satu kekuatan olahraga nasional.

Karena prestasi Jateng pada PON XX 2021 di Papua 2021 merosot berada posisi keenam dengan perolehan 27 emas, 47 perak dan 64 perunggu. Perolehan tersebut jauh dari target awal yakni lebih dari 40 medali.

Menurutnya perlu merevatalisasi olahraga di Jateng dalam segala bidang. Terutama membangun atmosfir pembinaan prestasi dengan membangun komunikasi antarlembaga dan pemangku kebijakan untuk membangun pembinaan yang benar.

“Mari kita evaluasi dan analisis untuk bangkit kembali, menjadikan Jawa Tegah sebagai salah satu kekuatan olahraga nasional,” ujar Bona.

Sementara Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo meminta pengurus KONI Jateng dan pengurus cabang olahraga tidak seenaknya sendiri dalam menjalankan tugasnya.

“Jangan ‘leda-lede’ ayo kita siapkan road map pembinaan olahraga di Jawa Tengah menjadi lebih baik lewat pemograman yang baik pula,” katanya.

1814