Home Ekonomi Arahan Jokowi, Pemkab Wonosobo Target PTSL Kelar 2024

Arahan Jokowi, Pemkab Wonosobo Target PTSL Kelar 2024

Banyumas, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah menarget Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bisa dirampungkan pada 2024. Percepatan ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan, perlu kolaborasi antara Badan Pertanahan Nasional (BPN) dengan Pemkab sehingga target PTSL 2024 dapat direalisasikan dengan optimal.

“Pemkab memberikan dukungan sepenuhnya agar target PTSL 2024 tersebut dapat dipenuhi, ada beberapa desa di Wonosobo misalnya Leksono dan Kertek yang sudah selesai di atas angka 80%, artinya PTSL ini memungkinkan dijalankan secara optimal,” kata bupati, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (19/1).

Afif mengapresiasi kinerja BPN atas diserahkannya sebanyak 73 sertifikat yang tak lain merupakan aset Pemkab yang berhasil disertifikatkan. Tahun 2022, Bupati berharap agar hasil sinergitas antara BPN dengan Pemkab mampu segera menuntaskan status tanah masyarakat yang belum terindentifikasi sesuai dengan payung hukum.

“Kendala di lapangan, terkadang yaitu status kepemilikan berubah sewaktu-waktu sehingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) langsung turun ke lokasi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Badan Pertanahan Kabupaten Wonosobo, Siyamto menyampaikan pelaksanaan program PTSL merupakan program strategis nasional di mana Kabupaten Wonosobo menargetkan pada tahun 2022 sejumlah 63.000 bidang tanah. Ia dan jajaran tim optimis target 63.000 mampu dicapai dengan baik.

Sedangkan untuk target nasional merampungkan semua bidang tanah, untuk Wonosobo masih membutuhkan banyak kerja keras. Pasalnya, saat ini bidang tanah yang terdaftar baru 59 persen, sampai dengan tahun 2024 berarti minimal 100.000 bidang harus disertifikatkan per tahunnya.

“Mudah-mudahan lahir banyak kebijakan yang mendukung target pencapaian ini,” kata Siyamto.


 

1178