Home Teknologi Infrastruktur Siap Dukung Program Migrasi TV Digital

Infrastruktur Siap Dukung Program Migrasi TV Digital

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan program migrasi TV Analog ke Digital atau Analog Switch Off (ASO) sudah siap dilaksanakan. Untuk pelaksanaan ASO tahap pertama pun dijadwalkan dilakukan 30 April 2022 mendatang.

Plt. Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kemenkominfo, Ismail pun menegaskan bahwa pihaknya belum menemukan masalah mengenai kesiapan ASO tahap 1.

"Infrastruktur penyelenggaraan multipleksing yang dibutuhkan setiap lembaga penyiaran untuk melakukan pengalihan analog ke digital pun sudah siap," tegas Ismail saat hadir dalam Konferensi Pers di Kantor Kemenkominfo di Jakarta, Jumat (25/2).

Ismail juga menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan mitigasi dalam penyelenggaraan ASO yang akan dibagi menjadi tiga tahap. Seperti diketahui, untuk tahap pertama akan dilakukan 30 April 2022 untuk 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota.

Sementara untuk tahap kedua, akan terlaksana pada pada 25 Agustus 2022 untuk 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota dan tahap ketiga pada 2 November 2022 untuk 25 wilayah siaran di 65 kabupaten/kota.

"Untuk tahap 1 akan didistribusikan Sebanyak 3.202.470 unit set top box (STB). Ini juga sebagaimana komitmen antara penyelenggara multipleksing dengan pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Ismail juga menyebut bahwa pihaknya sudah memitigasi permasalahan distribusi perangkat STB di lapangan. Menurutnya, kendala paling besar ada pada lingkup distribusi yang sangat luas.

"Karena distribusi ini dilakukan keseluruhan pelosok Indonesia. Jumlahnya penerima banyak dan tersebar luas. Maka, tentu ini jadi kendala secara umum," jelasnya.

118