Home Kebencanaan Kendal Kota Diterjang Topan, 1 Unit Mobil Damkar Rusak Ditimpa Pohon

Kendal Kota Diterjang Topan, 1 Unit Mobil Damkar Rusak Ditimpa Pohon

Kendal, Gatra.com- Bencana angin puting beliung melanda di wilayah Kecamatan Kendal Kota yang menyebabkan banyak pohon tumbang. Akibatnya sebuah mobil pemadam kebakaran milik Kantor Satpol-PP dan Damkar Kendal rusak parah tertimpa pohon tumbang. 

Mobil Damkar yang tertimpa pohon tumbang ini bernomor lambung 1 dengan Nomor Polisi 9592 DD. Kaca bagian depan mobil ini hancur berkeping-keping ditimpa pohon tumbang.

Kabid Damkar Kendal, Singgih mengatakan, bencana angin puting beliung terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Angin yang bertiup kencang mengakibatkan pohon Cemara di halaman kantornya ambruk dan menimpa mobil Damkar.

"Ini mobil lama milik Damkar dan sudah tidak digunakan lagi. Diparkir di sini, tertimpa pohon," kata Singgih, Minggu (5/6).

Dia membeberkan, sebelum kejadian puting beliung tersebut, awalnya cuaca cerah dan terang benderang. Namun tiba-tiba ada asap putih disertai dengan angin kencang dan hujan deras.

"Kita tidak tahu, tiba-tiba terjadi seperti itu," ungkapnya.

Berhubung mobil yang tertimpa pohon tersebut merupakan aset Pemda Kendal, pihaknya masih menunggu intruksi mau dikemanakan mobil itu setelah dievakuasi.

Angin puting beliung juga merusak sejumlah atap rumah warga di Kelurahan Karangsari RT 4 RW 1 Kecamatan Kendal Kota. Di kelurahan ini setidaknya 3 pohon berukuran besar tumbang. Beruntung, dari sekian banyak pohon yang tumbang hanya ada satu yang menimpa rumah warga. Itupun hanya menimpa sisi samping rumah saja.

Pohon tumbang juga terjadi di depan kantor Samsat Kendal dan di depan Kantor Kelurahan Karangsari. Selain itu, akibat terjangan puting beliung, sejumlah tenda pedagang kaki lima (PKL) di Alon-alon Kendal juga roboh.

Angin puting beliung juga merobohkan tower stasiun radio milik Pemkab Kendal yang berada di Kelurahan Karangsari.

Sementara itu, BPBD Kendal dalam keterangannya menyampaikan jika wilayah yang paling terdampak bencana puting beliung berada di RT. 04 RW 01 dan RT 06 RW 03 Kelurahan Karangsari. Rata-rata kerusakan terjadi pada atap rumah warga yang terbawa angin dan beberapa pohon tumbang

Sementara, akibat bencana ini, warga telah melakukan gotong royong membenahi atap dan menyingkirkan dahan dahan pohon tumbang. Bencana ini juga tidak menimbulkan korban jiwa.
 

 

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS