Home Kebencanaan Diguyur Hujan, Longsor Karangpandan Timpa Rumah Warga

Diguyur Hujan, Longsor Karangpandan Timpa Rumah Warga

Karanganyar, Gatra.com- Hujan deras pada Minggu (12/6) mengakibatkan longsor talud di Dusun Bulu Rt 01/Re I Desa Salam Karangpandan Karanganyar Jateng. Material longsor menghantam bangunan rumah warga setempat.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun kerusakan di rumah warga tergolong parah. Tembok milik Sunarto (50) retak hingga 10 meter dan tinggi 3 meter.

Ia menyebutkan, peristiwa itu bermula saat Minggu (12/6) pagi ketika tanah pekarangan sebelah barat rumah Sunarto diurug tanah dari 3 truk. Pengurugan itu dilakukan karena tanahnya tergerus setelah hujan ekstrem selama dua malam sebelumnya.

Setelah selesai diurug, ternyata Minggu (12/6) sekira pukul 16.30 WIB terjadi hujan deras. Kemudian terjadi longsor pada Minggu petang.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Bagus Darmadi mengatakan tanah dikawasan tersebut labil apalagi jika terguyur hujan berhari-hari. “Kami sudah kerahkan anggota di TKP untuk membantu evakuasi dan pendataan,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolsek Karangpandan Iptu Sri Pujiyanto mengatakan tembok yang tertimpa longsoran talud rusak parah. Material longsoran berupa campuran semen pasir dan batu otot cor besi. “Rumah yang tertimpa talud mengalami rusak bagian kamar dan dapur,” ungkap Kapolsek.

Menurut Kapolsek pada musim hujan ini rawan terjadi tanah longsor. Dirinya mengimbau warga agar waspada jika terjadi hujan.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS