Home Kebencanaan Usai Pembinaan, Mobil Perpustakaan Keliling Terperosok ke Sawah

Usai Pembinaan, Mobil Perpustakaan Keliling Terperosok ke Sawah

1217

Sukoharjo, Gatra.com - Sebuah mobil perpustakaan keliling milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah terperosok ke parit sawah, Senin (20/6). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. 

"Nihil korban," ucap Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Sukoharjo, Ipda Guntur Setiawan.

Salah satu anggota relawan, Deni Kristianto, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di jalan kampung Dukuh Rojoniten, Desa Ngemplak Bothi, Kecamatan Kartasura. 

Dari video yang beredar, ban mobil perpustakaan keliling Nopol AD 8041 XB terperosok ke parit sawah sekitar setengah meter. "Kejadian sekitar jam 13.00 WIB," katanya.

Menurutnya, semula mobil perpustakaan tersebut melaju dari Kartasura ke Sukoharjo. Namun saat melewati jalan area persawahan, mobil tersebut simpangan dengan kendaraan roda empat dari arah berlawanan.

Kuat dugaan pengemudi mobil kurang memperhatikan kondisi jalan sehingga terperosok ke parit sawah. "Lebar jalan sekitar dua meter, kanan kiri sawah," kata Deni.

Evakuasi mobil ditarik menggunakan kendaraan berat lain. Proses evakuasi pun cukup lama, yakni hampir 45 menit. 

Terpisah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo, Sumarno menyampaikan, mobil tersebut berpenumpang tiga orang pustakawan. "Saat ini ada kegiatan pembinaan perpustakaan ke sekolah-sekolah, tadi bersimpangan dengan kendaraan lain lalu terpeleset," jelasnya.

Sumarno menyebut, peristiwa tersebut terjadi setelah petugas melakukan pembinaan di SMP Muhammadiyah Kartasura. "Kondisi mobil tidak apa-apa, karena dipinggir sawah, jadi tanahnya gembur dan ditarik mobil off-road," tandasnya.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS