Home Lingkungan Reboisasi Pantai Bunton, Pemkab Cilacap dan Indonesia Power Libatkan Anak-Anak

Reboisasi Pantai Bunton, Pemkab Cilacap dan Indonesia Power Libatkan Anak-Anak

Cilacap, Gatra.com– Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama PT Indonesia Power PLTU Jawa Tengah 2 Adipala OMU (PLTU Bunton) melakukan penanaman pohon cemara laut untuk reboisasi di Pantai Bunton Adipala, Cilacap, Jawa Tengah.

Dalam reboisasi ini, Pemkab dan Indonesia Power melibatkan pelajar di Cilacap. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji.

General Manager PT Indonesia Power PLTU 2 Adipala OMU, Slamet Suwardi menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia. PLTU Bunton telah melakukan berbagai kegiatan terkait pelestarian alam, seperti penanaman pohon dan kegiatan bersih pantai.

“Dengan adanya kegiatan penanaman pohon cemara laut disepanjang Pantai Bunton diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya, dalam keterangannya, dikutip Minggu (26/6).

Menurut dia, PLTU Bunton juga telah melakukan berbagai inovasi salah satunya dengan memanfaatkan FABA (Fly Ash Bottom Ash) untuk pembuatan paving block.

Sebagai bentuk Upaya dan program inovasi PLTU salah satunya adalah dengan pemanfaatan faba (Fly Ass dan Baton Ass) dengan pavingisasi jalan untuk membantu masyarakat.p

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi kegiatan penanaman pohon ini. Menurutnya, penanaman pohon ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan alam.

Karena itu, dia ingin keterlibatan anak-anak dan generasi muda dalam pelestarian alam ini lebih besar. “Ke depan apabila kegiatan penanaman pohon, saya harap libatkan anak anak sekolah agar mereka melihat dan merasakan secara langsung kegiatan penanaman pohon. Sehingga tahu pentingnya melestarikan alam,” kata Tatto.

Sementara itu, dalam acara tersebut hadir pula jajaran forkopimcam Adipala, para kades di Kecamatan Adipala, anggota PKK, anggota kelompok tani, pelajar dari sejumlah sekolah, serta undangan lainnya.