Home Kalimantan Mantap! 1.049 Guru Honorer Pemprov Kalsel akan Diangkat jadi PPPK Tahun Ini

Mantap! 1.049 Guru Honorer Pemprov Kalsel akan Diangkat jadi PPPK Tahun Ini

Banjarbaru, Gatra.com – Ribuan guru honorer lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) kini sedikit bernapas lega. Pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI memberikan kouta sebanyak 1.049 orang guru honorer untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) memasuki paro akhir tahun 2022 ini.

Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud Provinsi Kalsel, Fahrudinoor, mengungkapkan, saat rapat koordinasi teknis (Kornis) di Semarang pada 19 Juni lalu, Disdikbud Kalsel mengusulkan semua guru honorer Pemprov Kalsel bisa diangkat menjadi PPPK ke perwakilan Kemendikbudristek yang hadir di rakornis tersebut.

"Jumlah guru honorer kita saat ini masih tersisa 2.230 orang. Kementerian memberikan kouta tahun ini sebanyak 1.049 orang untuk diangkat menjadi PPPK. Padahal kami ajukan lebih dari 2.000 orang," ujar Fahrudinoor kepada Gatra.com di Banjarbaru, Rabu (6/7).

Dia merincikan, jumlah guru honorer Pemprov Kalsel saat ini yang mengajar di SMA sejumlah 1.226 orang, SMK 928, dan guru untuk pendidikan khusus 233 orang.

Fahrudinoor mengharapkan, semua guru honorer Pemprov Kalsel bisa diangkat menjadi PPPK di tahun 2023 nanti seiring kebijakan pemerintah pusat yang menyetop semua pegawai honorer.

"Kepala Disdikbud Kalsel, Muhammadun sangat perhatian dengan nasib guru honorer, makanya kami usulkan sebanyak-banyaknya. Namun kementerian hanya memberikan kouta segitu," ucapnya lirih.

Kepada guru honorer Pemprov Kalsel, Fahrudinoor mengharapkan untuk terus bersabar sembari berdoa agar di tahun 2023 nanti semuanya bisa menjadi PPPK.

"Semoga guru honorer kita bisa diakomodir semua. Karena guru ujung tombak peningkatan SDM anak didik. Semoga di 2023 semua bisa diangkat menjadi PPPK," katanya.