Home Sumbagsel Antisipasi Ancaman Udana, F16 dari Skadron Udara 16 Berlatih Tempur

Antisipasi Ancaman Udana, F16 dari Skadron Udara 16 Berlatih Tempur

Palembang, gatra.com-Delapan Pesawat tempur F-16 Tipe C/D dari Skadron Udara 16 mendarat di Lapangan Udara Sri Mulyono Herlambang, Kota Palembang, Jumat (26/8) akan dikerahkan dalam Latihan Tempur Matra Udara II,Koopsud I,Jalak Sakti 2022. Kedatangan Pesawat tempur F-16 Tipe C/D pada Jumat sore itu, disertai dengan turunnya hujan di Lapangan Udara Sri Mulyono Herlambang. 

Secara bergantian kedelapan pesawat mengeluarkan Parasut untuk membantu pengereman pesawat. Kemudian, delapan Pilot tempurpun turun yang disambut langsung, Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Hermawan Widhianto, S.E.,M.M., bersama jajarannya di Bumi Sriwijaya. 

"Kita kedatangan tamu-tamu kehormatan baik dari Lanud Roesmin Nurjadi dan Jakarta yang tiba di Bumi Sriwijaya. Dalam rangka latihan tempur Matra Udara II, Koopsud I guna meningkatkan dan mengukur sampai sejauh mana kesiapan operasional satuan-satuan di jajaran Koopsud 1," Ujar Kolonel Pnb Hermawan Widhianto, S.E.,M.M., di dampingi Pengawas dan Pengendali (Wasdal) dari Koopsudnas Kolonel Pnb Muchtadi Anjar Legowo saat berbincang kepada awak media di Base Ops Pangkalan TNI AU Sri Mulyono Herlambang. 

Baca jugaTNI AU Gelar Operasi di Langit Mandalika - Gatra.com

Dia menegaskan, dalam latihan tempur Matra Udara II merupakan hal sangat penting, karena tingkat ancaman dan gangguan yang ada di koopsud 1 ini cukup dinamis dan skalasinya cukup tinggi. Sehingga, diperlukan adanya satu latihan untuk mengukur bagaimana kesiapan operasional itu nantinya akan mempengaruhi.

" Kita bekerjasama, berkordinasi dan melaksanakan tugas-tugas untuk mendukung dalam kegiatan latihan nanti,"ucapnya

Kolonel Pnb Hermawan Widhianto juga mengungkapkan, dalam kegiatan ini semua dibawah kendali Koopsud 1 dan Koopsud I sendiri dibawah Koopsudnas. Serta kegiatan latihan melaksanakan Gladi posko pada  25 Agustus sampai 28 Agustus 2022 dilanjutkan untuk manuver lapangan 28 sampai 30 Agustus 2022.

" Kemarin Alhamdulillah gladi posko di akhiri dengan technical air maneuvering day sudah berjalan dengan baik dan aman. Besok kita akan gladi kotor dan gladi bersih. dan dilanjutkan dengan pelaksanaan tanggal 30 Agustus 2022,"katanya 

Baca jugaLanud Hang Nadim Batam Mendaratkan Paksa Pesawat Asing

ia berharap, kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk yang ada di wilayah Sumatera Selatan untuk dapat memberikan dukungan dan doa agar pelaksanaan Latihan Tempur Matra Udara II Jalak Sakti 2022 dapat berjalan dengan baik dan aman. 

Sementara menurut Pengawas dan Pengendali (Wasdal) dari Koopsudnas Kolonel Pnb Muchtadi Anjar Legowo, dalam Latihan Tempur Matra Udara II, Koopsud I ini akan ditampilkan rangkaian operasi udara dengan penghancuran target-target di permukaan yang nantinya akan mengambil di wilayah daerah Lampung, seperti simulasi dengan cara berpindah-pindah tempat dari satu tempat ketempat lain. 

" Itu secara garis besarnya. Pesawat yang kita gunakan Pesawat F-16, merupakan pesawat andalan TNI AU dalam melakukan oprasi Udara,"Ungkapnya.  

Sementara itu, Komandan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin  Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira mengatakan ada beberapa tugas misi hard ware untuk mengancurkan sasaran-sasaran, tetapi sebelumnya  persiapan dengan latihan telah dilakukan secara rutin untuk menguji kemampuan Pesawat F-16 karna dalam tugas ini kami akan dinilai nantinya. 

Baca juga Pesawat Tempur F16 Mendarat di Palembang - Gatra.com

"Untuk personil ada 88 orang baik penerbang beserta kru,"katanya 

Dia juga mengungkapkan, untuk jumlah pesawat sebanyak delapan yang telah siaga, namun berapa jumlah pesawat yang terlibat masih menunggu perintah komandan. 

"Pesawat F-16 yang kita gunakan tipe C/D yang didatangkan ke Indonesia Tahun 2014-2015. Beberapa bulan lalu sebelumnya juga kita telah lakukan latihan simulasi Misi Pemboman," tutupnya.