Home Politik Unik! Tak Ada Saingan, Istri Tantang Suami di Pilkades

Unik! Tak Ada Saingan, Istri Tantang Suami di Pilkades

Asahan, Gatra.com-  Karena tak ada saingan, Emelia Tambunan memutuskan menantang suaminya, Jonner Siagian untuk bersaing dalam pemilihan Kepala Desa Tahun 2022  yang digelar di 89 desa secara serentak  di kabupaten  Asahan, Sumatera Utara. 
 
Tak tanggung-tanggung perempuan ini bahkan yakin bisa mengungguli suaminya meski suaminya  tersebut sebagai calon incumben. "Saya yakin menang," katanya usai menggunakan hak pilihnya kepada wartawan. 
 
Jonner dan Emelia, akhirnya terpaksa harus berhadapan setelah panitia pemilihan memutuskan hanya dua calon kandidat kepala desa yang lolos dan  akan bertarung di Pilkades Desa Rawang Pasar VI kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan Tahun 2022 yang berlamgsung Rabu hari ini (7/9). 
 
Pasangan suami isteri tersebut  dinyatakan menjadi dua kandidat lantaran tidak ada calon lain yang mendaftar pada saat proses penjaringan bakal calon yang di gelar oleh panitia. "Karena tak ada calon lain, ya.. kamilah yang akhirnya saling bersaing"kata Joner menimpali. 
 
Bagi Jonner, pencalonan kali ini merupakan untuk kedua kalinya. Mantan kepala desa periode tahun 2016-2022 ini mengatakan,  keputusan isterinya untuk maju dalam Pilkades murni atas keinginannya sendiri.  "Isteri saya yang mau sendiri. Inisiatif dia sendiri, saya tidak ada menyuruhnya untuk mendaftarkan diri," kata Joner.
 
Namun, ternyata meski yang menjadi rival politiknya isterinya sendiri, ternyata tak mudah bagi Joner. Mereka, ungkapnya, tetap bersaing dalam merebut simpati dan suara warga setempat. Karena masing-masing memiliki jaringan politik dan basis massa masing-masing.  "Saya kampanye sendiri, isteri saya ya kampanye sendiri juga. Saya punya tim, isteri saya ya juga punya tim," katanya sambil tersenyum. 
 
Akan tetapi meski Bersaing politik, Joner-Emelia tetap terlihat mesra. Dari rumah kediamannya, pasutri ini berjalan bareng menuju lokasi TPS  sambil menebar senyum kepada warga. Emelia dan Joner malah mengenakan pakaian yang berwarna senada. Dengan mengenakan kebaya, dengan atasan berwarna pink, sama seperti baju batik berwarna hitam yang  bernuansa pink yang dikenakan Joner. 
 
Calon kades pasutri ini juga secara bersamaan menggunakan hak suaranya. Mereka berdua menggunakan TPS yang sama dan saling berdampingan saat melakukan pemungutan suara disaksikan oleh puluhan warga yang ikut menyaksikan proses pemungutan suara di lokasi TPS  "Kalau isteri saya yang menang, yah saya harus legowo," katanya sambil tersenyum.