Home Internasional Charles III Akan Diaksesi Secara Resmi Menjadi Raja Inggris Raya

Charles III Akan Diaksesi Secara Resmi Menjadi Raja Inggris Raya

London, Gatra.com - Charles III secara otomatis menjadi Raja Inggris Raya setelah sang bunda, Ratu Elizabeth II mangkat. Namun, Dewan Aksesi harus tetap melakukan seremonial untuk mengumumkan nama Raja baru.

Pengumuman secara resmi Charles III menjadi raja baru Inggris Raya akan dilakukan pada pukul 10 waktu setempat di St.James’s Palace. Perdana Menteri Inggris yang baru saja diangkat oleh Ratu Elizabeth dua hari sebelum ia meninggal, Liz Truss tampak sudah memasuki ruangan Istana.

Baca jugaRatu Elizabeth II Meninggal Dunia, Kerajaan: Charles III Raja Baru Inggris

Acara akan dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian pertama adalah pengumuman secara resmi meninggalnya Ratu Elizabeth II, pembacaan nama Raja Inggris Raya yang baru, penandatanganan dokumen dan pembacaan akan dilakukan di balkon.

Bagian kedua, Raja yang baru (Charles III) akan menyampaikan deklarasi sebagai Raja. Saat acaa tersebut, Raja Charles III akan didampingi oleh Camilla dan Putra Mahkota Pangeran William.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis, (8/09) lalu di Kastil Balmoral, Skotlandia. Ia menjadi pemegang tahta kerajaan terlama di dunia, yakni sepanjng 7 dekade.