Home Hiburan Road to Jakarta Film Week 2022 Dorong Penguatan Generasi Baru Industri Film

Road to Jakarta Film Week 2022 Dorong Penguatan Generasi Baru Industri Film

Jakarta, Gatra.com – "Road to Jakarta Film Week" kembali diselenggarakan di tahun ini. Di tahun kedua penyelenggaraannya, salah satu program dalam festival Jakarta Film Week (JFW) 2022 ini dibuka dengan acara luring, yang merupakan hasil kolaborasi dengan SAE Indonesia.

“Tahun ini JFW kembali hadir, dan sebagai rangkaian acara hadirlah 'Road to Jakarta Film Week' ini. Sebagai pembuka, kami akan membahas tentang sudut pandang para pelaku industri film melihat karya mereka. Bahwa sebagai pelaku industri kita butuh memahami bagaimana sisi penonton menilai sebuah film,” ungkap Novi Hanabi, selaku Program Manager JFW dan sebagai salah satu narasumber dalam "Road to Jakarta Film Week" yang berkolaborasi dengan SAE Indonesia.

"Road to Jakarta Film Week" dilanjutkan dengan acara kedua, yang merupakan kolaborasi bersama dengan Lembaga Sensor Film (LSF). Acara ini berupa webinar dengan tema “Festival Film Sebagai Strategi Promosi Perfilman Nasional”. Berlangsung pada Kamis, 11 Agustus 2022 lalu, dihadiri oleh pembicara dan narasumber yang kompeten di bidangnya. Prof. Dr. H. Sjariefuddin Hasan, M.M., MBA. selaku Wakil Ketua MPR RI/Anggota Komisi I DPR RI, turut hadir sebagai pembicara utama.

Rina Damayanti selaku Festival Director JFW juga turut hadir sebagai salah satu narasumber, yang juga ditemani oleh narasumber lainnya, di antaranya; Tri Widyastuti Setyaningsih, M.Sn. selaku Ketua Subkomisi Penyensoran LSF RI, Cornelio Sunny sebagai aktor dan produser Film, serta Edelin Sari Wangsa, S.Ds., M.Sn. selaku dosen Universitas Multimedia Nusantara.

“Di tahun kedua penyelenggaraan JFW ini, kami berharap semua bisa membaik, bisa menjadi momentum emerge atau munculnya kesempatan baru di industri film. Dengan kesempatan itu, maka akan sejalan dengan keinginan kita bersama, bahwa festival film dapat dijadikan strategi promosi perfilman nasional,” ungkap Rina dalam keterangan yang diterima Gatra.com, Selasa (13/9).

Keseruan lainnya juga masih hadir dari rangkaian "Road to Jakarta Film Week" 2022, di mana diselenggarakan kolaborasi bersama dengan Pacific Alliance - Indonesia. Dalam acara yang digelar pada Jumat, 19 Agustus 2022 lalu itu, ada dua film pemenang Jakarta Film Fund 2021 yang ikut diputar, yairu “ Ringroad ” dan “ One Night in Chinatown ”.

Sementara itu, yang paling baru diselenggarakan adalah "Road to Jakarta Film Week" 2022 yang berkolaborasi dengan Film & Animasi UMN. Diselenggarakan secara luring di Gedung New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara, acara ini ramai dipenuhi oleh para peserta.

Mengangkat tema “Ngeri Ngeri Sedap: Behind the Film Publication”, acara ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Novi Hanabi, selaku publisis untuk film Ngeri-Ngeri Sedap dan Program Manager Jakarta Film Week dan Content Creator akun @cinemuach yang bergerak di bidang film.

Rangkaian "Road to Jakarta Film Week" 2022 ini masih akan terus berjalan, seiring semakin dekatnya dengan waktu puncak penyelenggaraan JFW 2022. Dalam kurun waktu satu bulan kedepan, kegiatan "Road to Jakarta Film Week" 2022 masih akan berjalan, dan akan berkolaborasi dengan sejumlah kampus di Jakarta: Fakultas Film & Televisi - Institut Kesenian Jakarta (IKJ) pada 9 September 2022, IDS Digital College pada 23 September 2022, dan Universitas Bina Nusantara (Binus) pada 7 Oktober 2022.

Selain itu akan ada kolaborasi bersama para komunitas dan instansi edukasi di seluruh Indonesia. Nantinya  akan mengikutsertakan karya-karya film pendek terpilih mereka, yang bisa ditonton secara umum melalui Vidio.com. Setidaknya ada 24 judul film pendek terpilih, yang bisa disaksikan secara cuma-cuma, hingga akhir Oktober 2022 mendatang. Komunitas dan instansi tersebut antara lain: JAP HD Office - Semarang, Color Film - Semarang, Mata-mata Project - Malang, Adoc Production - Aceh, Keep Roll Films in associate with Ravacana Films - Malang, Halaman Belakang Films - Palu, Kayu Hitam - Poso, MMD Creative - Malang, SAE Indonesia - Jakarta, BINUS Film & Animasi - Jakarta, FFTV Institut Kesenian Jakarta (IKJ) - Jakarta, dan International Design School (IDS) - Jakarta.