Home Kesehatan Indonesia Goes Pink (IGP) 2022, Dewa Bujana Lelang Gitar

Indonesia Goes Pink (IGP) 2022, Dewa Bujana Lelang Gitar

Jakarta, Gatra.com – Lovepink kembali menyelenggarakan Indonesia Goes Pink (IGP) 2022, untuk mengajak masyarakat luas agar lebih mawas diri terhadap kanker payudara.

Di tahun penyelenggaraan yang ke-6 ini, IGP 2022 menjadi bentuk syukur bagi komunitas warriors dan survivors kanker payudara di Indonesia yang tahun ini mengangkat tema “Rising Up Together”.

Tiga komponen yang menjadi landasan tema Rising Up Together tahun ini adalah to empower patients (warriors and survivors), to empower women and families, dan to empower society and other patient groups.

Salah satu kegiatan utama di IGP 2022 adalah PINK DANCE Competition, yaitu lomba menari (antar group) dengan koreografi yang mengacu pada gerakan-gerakan dasar SADARI (periksa payudara sendiri).

Kegiatan ini bertujuan sebagai pengingat untuk melakukan SADARI secara rutin, lewat cara yang lebih menarik dan mudah untuk dipopulerkan.

Nantinya, lima group peserta terbaik akan tampil pada momen PINK WALK tanggal 9 Oktober.

IGP 2022 juga akan memberikan banyak informasi dengan mengadakan PINK WEBINAR SERIES, yaitu rangkaian webinar yang terbuka untuk publik, berlangsung pada 7-8 Oktober 2022.

Topik yang akan dibawakan seputar kesehatan perempuan dan kanker payudara, juga topik-topik yang membangun rasa percaya diri dan memberdayakan penyintas kanker payudara.

Salah satu bagian dari rangkaian acara tetap Indonesia Goes Pink, PINK WALK, tahun ini kembali hadir sebagai ajang jalan santai dalam suasana gembira bersama warriors, survivors, teman dan keluarga.

PINK WALK akan berlangsung di VIP Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno pada hari Minggu, 9 Oktober 2022.

“Pada Indonesia Goes Pink 2022 ini, Lovepink hadir dengan tema “Rising Up Together” sebagai wujud rasa syukur setelah delapan tahun secara konsisten bisa hadir mendampingi perjalanan para warriors dan survivors kanker payudara beserta keluarga mereka. Dengan semangat cinta untuk saling menguatkan, tema ini juga dipilih sebagai pengingat bahwa Lovepink hadir untuk saling mendukung dengan menciptakan komunitas yang welas asih dan memberdayakan,” papar Samantha Barbara, Chairwoman Lovepink.

“Seluruh acara kami susun dengan tujuan menumbuhkan kesadaran sambil menciptakan kegembiraan, membekali diri dengan pengetahuan, serta mensyukuri perjalanan hidup,” lanjutnya.

Bersamaan dengan penyelenggaraan IGP 2021 pada bulan Oktober tahun lalu, Lovepink melaksanakan gerakan 1.000 USG Payudara Gratis yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini sehingga pada akhirnya dapat mengurangi potensi terpapar kanker payudara.

Sampai awal tahun 2022, Gerakan 1.000 USG Payudara yang dilakukan di wilayah Padang, Banjarbaru, Jabodetabek, Yogyakarta, dan Jember sudah menjangkau lebih dari 2.500 perempuan yang melakukan pemeriksaan payudara secara klinis.

Dengan pencapaian tersebut, Lovepink melanjutkan gerakan ini dengan meningkatkan target jumlah pemeriksaan hingga 10.000 untuk memperluas akses bagi perempuan dengan keterbatasan finansial di Indonesia agar berkesempatan melakukan deteksi klinis.

Selain rangkaian kegiatan edukasi dan hiburan, pelaksanaan IGP 2022 semakin meriah karena kehadiran Dewa Budjana.

Musisi sekaligus gitaris band Gigi akan melelang dua buah gitar yang saat ini dipamerkan di Distrik Seni, Sarinah, dalam sebuah eksibisi yang bertajuk “Dawai Dawai Dewa Budjana”, sebagai bentuk dukungan terhadap Lovepink.