Home Olahraga KONI se Pati Raya Siap Gelar Porprov Jateng pada September 2023

KONI se Pati Raya Siap Gelar Porprov Jateng pada September 2023

Semarang, Gatra.com - Ketua KONI se-Pati Raya menyatakan kesiapannya menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah 2023 yang dijadwalkan 9 - 15 September 2023.

 

Kesiapan tersebut disampaikan para pimpinan Koni se Pati Raya yakni Ketua KONI Pati  Mustamaji, Ketua KONI Kudus Imam Triyanto, Ketua KONI Grobogan Fatchurrahman, Ketua KONI Jepara Syamsul Anwar, Ketua KONI Blora Herry Setiyono, dan Bidang Perencanaan dan Program KONI Rembang, Harry Masahir dalam rapat koordinasi di Kantor KONI Jawa Tengah (Jateng) di Semarang, Kamis (15/9).

 

Mustamaji menyebut Pati sudah sangat siap menggelar Porprov Jawa Tengah (Jateng) dengan penyiapan venues serta hotel penginapan atlet dan ofisial.

 

“Secara umum, venues di Pati sudah siap. Jika ada kekurangan, terus kami lakukan pembenahan dalam waktu yang kurang dari setahun ini,” katanya.

 

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pati, Rekso Haryono menambahkan pihaknya sudah mengalokasikan anggaran Rp11 miliar untuk menggelar Porprov.

 

“Kami masih berharap ada tambahan anggaran pada tahun 2023,” ujarnya.

 

Kabupaten Pati akan menjadi sentral Porprov Jateng 2023 yakni sebagai tempat upacara pembukaan di Stadion Joyokusumo dan menggelar 12 cabang olahraga (cabor) dari 57 cabor yang dipertandingkan.

 

Sedangkan kabupaten lainnya, yakni Blora mendapat jatah 10 cabor dan satu disiplin, Kudus sebanyak sembilan cabor, Grobogan tujuh cabor, Jepara 10 cabor, dan Rembang empat cabor.

 

Di luar itu, ada tiga cabor yang dimainkan di luar tuan rumah seperti balap sepeda, golf dan arung jeram.

 

Sementara, Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana menyatakan rancangan jadwal pelaksanaan Porprov yang sudah hampir pasti yakni 9-15 September 2023, setelah disetujui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

 

“Kami diterima Pak Gubernur pada 8 September, poin penting dari audiensi adalah persetujuan beliau tentang tanggal pelaksanaan Porprov pada 9-15 September mendatang,” ujarnya.

 

Untuk kepastian waktu pelaksanaan Porprov akan diputuskan dalam Rapat Kerja (Raker) KONI Jateng di Hotel Grand Candi Semarang, 19-20 September mendatang.

 

Raker diikuti seluruh KONI Kota/Kabupaten (34 utusan), 76 cabang olahraga serta 6 badan fungsional dengan pokok bahasan di antaranya penetapan tanggal pelaksanaan Porprov melalui surat keputusan.