Home Ekonomi Viral, Video Oknum Istri Kadus Potong Uang BLT BBM

Viral, Video Oknum Istri Kadus Potong Uang BLT BBM

Blora, Gatra.com- Seorang istri oknum perangkat desa di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora diduga menyunat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp 20 ribu per orang.

Peristiwa itu terjadi di Dusun Nglego Desa Sumberrejo Kecamatan Kradenan pada Sabtu (17/9) kemarin. Oknum yang diduga menyunat bantuan itu merupakan istri dari Kepala Dusun setempat.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (P3A) Kabupaten Blora Indah Purwaningsih membenarkan adanya kejadian itu. Kasus ini kini juga sudah diselesaikan oleh Aparat Hukum setempat.

"Ada informasi yang bersangkutan sudah selesai dipanggil APH. Dan sudah dipanggil, diakui. Pelakunya bukan dari unsur KPM (Kelompok Penerima Manfaat) tetapi istri salah satu Kadus di sana," kata Indah di Kantornya, Senin (19/9).

Indah mengungkapkan, dugaan pemotongan BLT itu dilakukan di rumah istri kadus. Bukan di tempat penerimaan BLT.

"Dan itu pengumpulan uang tidak dilakukan di lokasi pencairan tetapi di rumah pribadi si Kadus dan alasannya untuk administrasi," ucapnya.

Indah menekankan apa yang dilakukan istri oknum kadus itu tidak dibenarkan. Ia mengungkapkan tidak ada potongan apapun terkait penyaluran BLT.

"Tidak boleh ada potongan administrasi seperti itu. Apalagi ini bantuan murni pemerintah," jelasnya.

Terpisah, Kadus Nglego, Sepon membantah adanya pemotongan bantuan itu. "Tidak benar, yang benar tidak ada potongan. Salah," ucapnya singkat.

Sebelumnya video dugaan pemotongan BLT BBM oleh diduga istri Kadus sempat viral di media sosial. Dalam video berdurasi 2 menit 45 detik tampak ibu-ibu menyetorkan sejumlah uang kepada seorang perempuan paruh baya. Dalam video itu terdengar sejumlah ibu-ibu sempat menanyakan terkait pemotongan bantuan.

Dan perempuan paruh baya itu menjawab potongan bantuan digunakan untuk administrasi kebutuhan surat menyurat dan foto copy.