Home Nasional Jenazah Prof Azyumardi Azra akan Tiba Malam Nanti, Dimakamkan di TMP Kalibata Besok

Jenazah Prof Azyumardi Azra akan Tiba Malam Nanti, Dimakamkan di TMP Kalibata Besok

Tangerang Selatan, Gatra.com – Keluarga menyebut jenazah Prof. Azyumardi Azra atau yang akrab disapa Prof AA, tiba malam nanti.

Dalam rilisan pers disebutkan jika almarhum meninggal di Rumah Sakit Kedah, Selangor Malaysia pukul 12.30 waktu setempat pada hari Minggu lalu (18/9).

Penyebab utama meninggalnya dikarenakan serangan jantung yang mengakibatkan almarhum menjadi sesak napas, sehingga ia dilarikan ke ICU rumah sakit. Selang 2 hari dirawat, ia menghembuskan nafas terakhirnya di Kuala Lumpur.

Baca Juga: Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra Wafat

Salah satu perwakilan keluarga almarhum dari sekretaris pribadi Prof. Azyumardi Azra, Vemi Nurbaini, menjelaskan jika jenazah almarhum berangkat dari Kuala Lumpur sekitar pukul 20.45 malam waktu Malaysia. Kemudian sampai di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 21.50 WIB. Jenazah akan diberangkatkan dengan memakai pesawat komersial Batik Air.

"Insya Allah Bapak (Prof. Azyumardi Azra) berangkat dari Kuala Lumpur 20.45 menggunakan Batik Air. Tiba di Jakarta jam 21.50 WIB di Bandara Soekarno Hatta," kata Vemi Nurbaini pada saat wawancara di rumah kediaman almarhum Prof. Azyumardi Azra, Perumahan Puri Laras 2, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Senin (19/9).

Vemi mengatakan almarhum akan disemayamkan di rumah kediamannya dan proses pemakaman akan dilakukan pada esok hari, Selasa sekitar pukul 09.00 WIB di Tempat Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Jenazah almarhum juga rencananya akan disalatkan di Auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah pada pukul 08.00 WIB. Kemudian setelah disalatkan, jenazah akan dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Upacara pemakaman dilakukan secara militer yang rencananya dipimpin Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy sebagai inspektur upacara.