Home Hiburan Genre Laga dan Animasi Gagal Masuk Penjurian FFWI XII, Begini Alasannya

Genre Laga dan Animasi Gagal Masuk Penjurian FFWI XII, Begini Alasannya

Jakarta, Gatra.com – Panitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII telah memilah 54 judul film Pilihan dari 123 judul film Indonesia yang tayang sepanjang 1 Oktober 2021 sampai 30 September 2022. Baik film tayang di bioskop maupun di layanan Over the Top (OTT).

Seluruh 54 film tersebut terbagi dalam tiga genre, yakni: Drama (30 film), Komedi (13 film), dan Horor (11 film). Daftar ini telah diserahkan Ketua Bidang Penjurian FFWI 2022, Yan Widjaya kepada Ketua Juri Awal, Irwan Kintoko di Bogor, Sabtu 24 September 2022.

“Dewan Juri Awal yang seluruhnya terdiri dari wartawan di beberapa kota di Indonesia ini bakal bersikap profesional. Makanya bukan tidak mungkin terjadi debat keras antara sesama Dewan Juri Awal untuk menentukan nominasi masing-masing genre,” ujar Kintoko.

Dia menegaskan Dewan Juri Awal siap menilai seluruh 54 film pilihan sesuai dengan jadwal.

Baca Juga: Webinar FFWI XII: Film ‘Sayap-Sayap Patah’ Ingin Nasionalisme dalam Film Kini Tak Klise

Seperti tahun sebelumnya, FFWI XII ternyata juga belum menyertakan genre laga. Dalam rapat Panitia FFWI 2022 yang digelar di Hotel Swiss-Belinn, Bogor, Jawa Barat bersama Kelompok Kerja Apresiasi dan Literasi Film pada Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (PMM) Kemendikbudristek pada 22-24 September 2022, telah diputuskan bahwa genre film laga tahun ini kembali tidak disertakan dalam FFWI 2022. Alasannya, karena jumlah film yang masih kurang.

Film kategori laga yang masuk perhitungan FFWI 2022 hanya empat, dari semula diprediksi ada 11 judul.

“Tiga judul di antaranya, setelah melalui perdebatan sengit, dialihkan ke genre lain,” jelas Yan Widjaya. Ketiganya ialah “Clandeistein”, “Kamu Tidak Sendiri”, dan “Paranoia”.

Baca Juga: FFWI XII Hadir pada HFN: Film Indonesia, Usmar Ismail, dan Wartawan Tak Dapat Dipisahkan

Sedangkan tiga judul lainnya (“Sri Asih”, “Ahsiap Man”, dan “Preman”) ternyata tayang setelah batas penilaian, sehingga baru bisa masuk dalam penilaian FFWI tahun mendatang. Dengan demikian, akibat jumlah film laga masih di bawah lima judul sebagai ambang batas, maka genre ini belum bisa diikutsertakan dalam FFWI 2022.

Jumlah di bawah ambang batas terjadi juga pada film Animasi. Untuk genre ini, baru menghasilkan tiga judul: “Nussa”, “Si Juki Anak Kosan”, dan “Si Juki Anak Kosan 2”.

Sementara itu, genre thriller atau film tegang, tahun ini digabungkan dengan genre horor, atau yang lebih kental nuansanya hingga bisa juga ke drama. Sebagai contoh film “Kadet 1947”, film berlatar perang udara ini, atas berbagai pertimbangan dimasukkan ke dalam genre drama bukan laga.

Nominasi hasil kerja Dewan Juri Awal akan dimumumkan pada pada 21 Oktober 2022. Sedangkan para pemenang FFWI bakal ditayangkan 28 Oktober mendatang.

36