Home Nasional Forum CSR Indonesia Gelar Padmamitra Award

Forum CSR Indonesia Gelar Padmamitra Award

Jakarta, Gatra.com - Program Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi perwujudan kesejahteraan sosial di Indonesia. Dari hal ini, pelaku usaha terus melakukan CSR yang tepat guna dan berkelanjutan agar lebih peduli dengan masyarakat.

Forum CSR Indonesia kembali mengadakan Padmamitra Award 2022 tingkat nasional untuk mengapresiasi upaya pelaku usaha dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Diadakan dua tahun sekali, penghargaan ini berdasar dari Permensos Nomor 9 Tahun 2020 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Nasional Forum CSR Indonesia sekaligus Ketua dewan juri Padmamitra Award 2022, Mahir Yahya Bayasut, Ketua Organizing Comitee Padmamitra Award 2022, Rio Zakarias Widyandaru, perwakilan dewan juri Achmad Adhitya yang merupakan Direktur Pijar Foundation sekaligus wakil rektor UNU Yogyakarta, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, serta perusahaan calon peserta Padmamitra Award yakni Astra International dan United Tractors.

Baca juga: Dorong Pendidikan Mangrove di Bangku Sekolah, CSR Pertamina Jadi Lokasi Pembelajaran Adiwiyata se-Cilacap

“Tema ini kami pilih karena melihat tren global yang menuju keberlanjutan melalui Pemberdayaan Sosial. Selain itu, disesuaikan juga dengan tema Presidensial G20 yang dilaksanakan di Indonesia yakni “Recover Together, Recover Stronger’”, papar Mahir.

Diadakannya Padmamitra Award 2022 juga menghadirkan motivasi dan keteladanan di kalangan badan atau dunia usaha. Selanjutnya, Padmamitra Award juga hasil dari sinergi pemerintah, badan usaha dan masyarakat dalam mewujudkan berbagai model kegiatan tanggung jawab sosial demi menciptakan Indonesia Sejahtera.

Ada 15 kategori dalam Padmamitra Award 2022. Tujuh di antaranya adalah kategori utama, sementara sisanya tematik. Kategori terbaru untuk tahun ini antara lain Peningkatan Pendidikan Berkualitas, Kesehatan, Pelestarian Seni dan Budaya, Keagamaan yang Inklusif, Kewirausahaan, Infrastruktur, Pelestarian Lingkungan dan Bidoiversity, serta Ekonomi Digital.

Ketua Organizing Comitee Padmamitra Award 2022, Rio Zakarias Widyandaru, mengungkapkan pendaftaran Padmamitra Award 2022 akan dibuka pada 27 September – 21 Oktober 2022, sementara seleksi berkas administrasi dijadwalkan pada 22 – 25 Oktober 2022.

Baca juga: Kembali Torehkan Prestasi, Semen Gresik Raih Penghargaan Bergengsi Nusantara CSR Awards 2022

Untuk sesi wawancara dan kunjungan lapangan akan dilaksanakan pada 26 Oktober – 3 November 2022. Sebagai penutup, pengumuman pemenang dan penganugerahan Padmamitra Award 2022 sebagai acara puncak akan diadakan pada November 2022.

“Kami menargetkan jumlah peserta minimal 100 perusahaan yang terdiri dari perusahaan swasta dan perusahaan negara (BUMN/BUMD) yang bersifat legal-formal (memiliki izin usaha, terdaftar) serta sudah melakukan kegiatan CSR berbasis ISO 26000 minimal dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir,” kata Rio.

Proses seleksinya akan dilakukan oleh Ketua dewan juri Padmamitra Award 2022, Mahir Yahya Bayasut, Staf Khusus Menteri Bidang Pemerlu Pelayanan dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial Luhur Budijarso, Rektor Universitas YARSI Fasli Jalal, Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Sosial Suryani S. Motik, Praktisi CSR dan Keberlanjutan Amalia Yunita, Co-Founder A+ CSR Indonesia Jalal dan Achmad Adhitya, Direktur Pijar Foundation Achmad Adhitya.

Persentase penilaiaan meliputi: dokumen administrasi (30%), wawancara (40%) dan kunjungan lapangan (30%).

Perusahaan calon peserta Padmamitra Award 2022 adalah PT Astra International dan United Tractors, salah satu anak perusahaan Astra.

Head of CSR PT Astra International, Bima Krida Pamungkas, menyambut baik penyelenggaraan Padmamitra Award 2022. Ia berharap Padmamitra Award 2022 menjadi dorongan agar setiap perusahaan, badan usaha dan yayasan dapat terus mewujudkan program CSR yang berkelanjutan yang sesuai dengan SDG’s.

Team Leader CSR United Tractors, Dimas Aryo Wicaksono juga sangat antusias menyambut Padmamitra Award 2022. “Kami mendukung penuh upaya pemerintah dalam hal ini melalui Padmamitra Award yang diselenggarakan oleh Forum CSR Indonesia bekerja sama dengan Kemensos, untuk mengajak perusahaan baik plat merah maupun swasta agar konsisten menjalankan program CSR yg berkelanjutan sesuai dengan SDG’s.,” tutur Dimas.

99