Home Ekonomi Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Uji Coba di Jabodetabek

Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Uji Coba di Jabodetabek

Jakarta, Gatra.com - Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter akan menjalani uji coba secara riil dalam aktifitas logistik sehari-hari di Indonesia. PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), memulai Proof of Concept (POC) truk listrik ringan eCanter di Jakarta, Indonesia, mulai September 2022 dengan salah satu perusahaan transportasi logistik terbesar di Indonesia yaitu PT. Trimitra Trans Persada (B-Log).

B-Log, yang mengoperasikan sekitar 3.000 armada yang beroperasi di 40 kota di Indonesia, akan menguji eCanter ke dalam aktivitas logistik harian di rute operasional harian mereka di Tangerang dan Balaraja.

Baca juga: Terkait Kasus Duta Palma, Politisi NasDem Dipanggil Kejaksaan Agung

Sementara uji coba dengan konsumen memungkinkan KTB dan MFTBC (Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corp.) untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan konsumen dan tantangan potensial, PoC juga menjadi kesempatan bagi operator dan pengemudi truk untuk mempelajari teknologi baru, yang akan segera hadir di Indonesia.

Uji coba di Jabotabek ini melanjutkan uji coba pertama yang dilaksanakan di Denpasar, Bali, yang telah berhasil diselesaikan pada Agustus 2022. Bayu Aprizal, General Manager Product Strategy PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors menutup uji coba pertama dengan mengatakan, “Kami mengapresiasi kerjasama mitra kami dalam PoC. Melalui mereka, KTB dapat memperoleh keyakinan bahwa eCanter dapat diterapkan dalam operasional sehari-hari di Indonesia. Tentu masih banyak hal yang harus kami pertimbangkan, tetapi saya bangga bahwa kegunaannya yang luar biasa melampaui ekspektasi awal mereka”.

Baca juga: Arsul Sani Singgung Amandemen UUD 1945 untuk Perkuat Komisi Yudisial

Melalui PoC berikutnya, KTB bermaksud untuk mendapatkan masukan lebih lanjut dari konsumen. Sampai hari ini, begitu banyak konsumen yang menunjukkan minat mereka pada potensi kolaborasi dengan KTB dalam PoC ini, untuk menemukan cara untuk berkontribusi pada karbon netral. KTB percaya bahwa opini pelanggan yang beragam dan apa adanya ??akan menjadikan eCanter sebagai truk EV terbaik di Indonesia.

Sebagai kendaraan listrik, eCenter ini mengusung baterai berkapasitas 81 kWh sebagai sumber tenaganya. Sementara, motor listriknya menghasilkan tenaga sebesar 180 hp dengan torsi mencapai 390 Nm. Ditambah, model ini sanggup menempuh jarak hingga sejauh 100 km dalam kondisi membawa muatan 75 persen.

Era elektrifikasi sudah diambang pintu industri logistik nasional. Selain Mitsubishi Fuso eCanter, produsen truk lain sudah menawarkan jagoannya masing-masing. Di pameran otomotif paling bergengsi di Indoesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2002, truk listrik mulai diperkenalkan.

Baca juga: Judi Berkedok Robot Trading Tidak Perlu Dilegalisasi

Isuzu memamerkan Elf EV yang didukung baterai 2x40 kWh. Motor listriknya menghasilkan tenaga sebesar 147 hp dengan torsi 305 Nm.

Ada juga Hino Dutro Z EV dengan kapasitas baterai 40kWh. Mobil tersebut bisa menempuh jarak 100 kilometer dalam kondisi penuh dan memiliki daya angkut skitar 1 ton.

109