Home Regional Kemnaker: BSU Tahap 4 Resmi Cair Hari Ini

Kemnaker: BSU Tahap 4 Resmi Cair Hari Ini

Jakarta, Gatra.com – Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menyampaikan pada akhir pekan lalu bahwa Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap 4 sebesar Rp 600.000 resmi cair pada hari ini, Senin (3/10).

Anwar juga mengungkapkan pihaknya mendapatkan data calon penerima BSU tahap keempat sebanyak 1,5 juta orang. Data tersebut nantinya akan dipadankan termasuk mengeluarkan penerima yang tidak berhak seperti, penerima bansos lain, peserta prakerja, serta ASN, TNI dan Polri.

Baca Juga: Kemnaker Proses Pencairan BSU Tahun 2022

“Dari 1,5 juta data, kita dapat 1,2 yang Clean dari pemadanan. Insya Allah di awal minggu depan. Senin, dari hari pemadanan tersebut tahap empat cair” katanya, Senin (3/10).

Dikatakan awalnya, penyaluran BSU ditargetkan kepada 16,2 juta pekerja dengan anggaran Rp 9,6 triliun. Setelah proses verifikasi, jumlah pekerja yang berhak turun menjadi 14,6 juta dengan angaran Rp 8,7 triliun.

Baca Juga: Kemnaker Harapkan Dana Anggaran BSU Segera Cair

Anwar menambahkan, jumlah 14, 6 juta tersebut dapat berkurang apabila ditemukan sejumlah penerima yang tidak memenuhi syarat.

Nantinya Kemnaker akan melaporkan ke publik terkait jumlah penerima dan anggaran BSU yang disalurkan.

“Kemudian berapa yang tidak tersalur, alasannya apa, kemudian disitu ada sisa anggaran, tentu kita kembalikan” tambahnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! Apakah Anda Penerima BSU Pekerja Rp600 Ribu? Begini Cara Mengeceknya

Lalu bagaimana cara cek penerima bantuan BSU tahap empat yang cair pada hari ini?

Berikut cara mengecek bantuan tersebut:

1. Buka situs kemnaker.go.id

2. Daftar akun

3. Daftarkan data diri anda, mulai dari NIK, nama lengkap, nama ibu kandung, lalu aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomer masing-masing.

4. Log in ke akun anda

5. Lengkapi profil dengan foto, tentang Anda, status pernikahan, dan lokasi.

6. Yang terakhir cek pemberitahuan agar Anda mengetahui apakah Anda salah satu penerima bantuan BSU pada hari ini.

28