Home Politik Diusung Jadi Capres, Apakah Anies Harus Gabung NasDem?

Diusung Jadi Capres, Apakah Anies Harus Gabung NasDem?

Jakarta, Gatra.com – Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem, Surya Paloh, telah resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai calon presiden (Capres) usungan Partai NasDem, pada Senin (3/10). Meski begitu, Surya Paloh tidak memberi pakem kepada Anies untuk bergabung atau tidak dengan Partai NasDem.

"Terserah Bung Anies saja. Masak, kita bilang jangan masuk NasDem, atau bilang sebaiknya, harus masuk NasDem," ujar Surya Paloh, dalam Deklarasi Anies Baswedan Capres usungan Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, pada Senin (3/10).

Baca Juga: Surya Paloh Ungkap Respons Jokowi soal NasDem Usung Anies Capres

Menurutnya, merupakan hak Anies untuk memilih satu di antara dua opsi tersebut. Dengan kata lain, pihak Partai NasDem tidak dapat memaksakan kehendak Anies untuk bergabung dengan partai politik tersebut.

Terlebih, Surya tak memandang hal tersebut sebagai suatu poin penting dalam agenda pengusungan tersebut. Menurutnya, hal terpenting adalah memastikan komitmen Anies tetap konsisten untuk membangun bangsa Indonesia.

"Ini bukan jadi isu, bukan 'the important issue'. Anies mau NasDem kek. [Sebab], yang penting Anies konsisten bangun bangsa ini," ujar Surya Paloh dalam kesempatan tersebut.

Baca Juga: Alasan Nasdem Segera Deklarasi Anies Capres 2024, Paloh: Yang Terbaik

Tak hanya itu, Surya juga menegaskan komitmen NasDem. Ia mengatakan, pihaknya konsisten memandang bahwa kepentingan bangsa Indonesia sejatinya berada di atas kepentingan partai.

"Saya katakan, kepentingan bangsa di atas kepentingan partai. Konsisten aja di sini," ujarnya tegas.

54