Home Politik Alasan Nasdem Segera Deklarasi Anies Capres 2024, Paloh: Yang Terbaik

Alasan Nasdem Segera Deklarasi Anies Capres 2024, Paloh: Yang Terbaik

Jakarta, Gatra.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai sosok Capres yang diusung Partai NasDem dalam Pilpres 2024 mendatang.

"Ini yang dicari NasDem adalah yang terbaik daripada yang baik-baik. Inilah kenapa, akhir Nasdem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan," tegas Surya Paloh dalam deklarasinya di NasDem Tower, Jakarta, pada Senin (3/10).

Ia mengungkapkan alasan mengapa NasDem pada akhirnya memilih Anies Baswedan sebagai nama yang mereka usung, untuk maju sebagai Capres dalam kontestasi Pilpres di 2024 nanti.

Baca Juga: Anies Baswedan Hadir dalam Deklarasi Usungan Capres Partai NasDem

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya, 'Why not the best?'," kata Surya singkat.

Surya menitipkan perjalanan bangsa Indonesia di masa depan kepada Anies, apabila Gubernur DKI Jakarta itu nantinya terpilih menjadi Presiden RI. Ia mendorong Anies dapat memimpin membangun karakter bangsa.

"Pimpinlah bangsa ini menjadi bangsa yang lebih bermartabat, bangsa yang mampu untuk membentuk karakter daripada bangsa ini sejatinya," tutur Surya.

Menurutnya, perjalanan kehidupan bangsa tidak hanya dapat dibangun dengan semata-mata melihat pembangunan fisik. Meski tak dapat dipungkiri bahwa pembangunan tersebut sangatlah diperlukan.

Baca Juga: Usai Umumkan Nama Anies Baswedan, Survei Internal NasDem di Daerah Cenderung Naik

Surya memandang, ada hal yang lebih penting dibanding pembangunan fisik tersebut. Hal itu adalah pembangunan akan karakter bangsa.

"Maka tugas utama Bung Anies nantinya melihat kembali sejauh mana nilai, harkat, dan martabat kehidupan kebangsaan kita yang sudah berhasil, untuk diteruskan, yang belum berhasil, untuk diperbaiki," kata Surya.

Anies Baswedan pun telah menyatakan bahwa dirinya siap menerima mandat dari Partai NasDem tersebut.

"Bismillahirrahmanirrahim, kami terima dan bersiap menjawab tantangan itu," kata Anies dalam Deklarasi tersebut, Senin (3/10).

Baca Juga: Demokrat Beri Sinyal Koalisi Nasdem-PKS, Usung Anies Presiden? 

Diketahui, nama Anies Baswedan sebelumnya telah masuk ke dalam bursa usungan Capres 2024 Partai NasDem, sebagaimana diumumkan dalam Rakernas beberapa waktu lalu. Saat itu, ada tiga nama bakal Capres yang diumumkan dalam kesempatan tersebut. Ketiganya adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Adapun, deklarasi tersebut direncanakan akan digelar pada 10 November 2022, sehari sebelum ulang tahun Partai NasDem. Namun, acara tersebut akhirnya diputuskan untuk dimajukan pada hari ini, Senin (3/10).

72