Home Politik Ini Sikap Demokrat soal NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024

Ini Sikap Demokrat soal NasDem Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024

Jakarta, Gatra.com – Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra, menyampaikan bahwa Partai NasDem sebelummya telah berkomunikasi dengan Demokrat terkait deklarasi Anies Baswedan sebagai Capres Partai NasDem yang dilaksanakan pada Senin (3/10).

"Begitu pula dengan deklarasi Capres NasDem hari ini, sebelumnya juga telah dikomunikasikan dengan kami," kata Herzaky, ketika ditemui awak media di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, hari ini.

Baca Juga: Diusung Jadi Capres, Apakah Anies Harus Gabung NasDem?

Herzaky pun menyebut, komunikasi yang terjalin antara Partai Demokrat, Partai NasDem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pun akan terus berlanjut. Sebagaimana diketahui, ketiga partai tersebut saat ini tengah terus menjalin komunikasi intens.

Sementara itu, dalam konteks penentuan pasangan Capres-Cawapres, ketiga partai politik tersebut sepakat untuk melakukan penentuan dengan memperjuangkan poin perubahan dan perbaikan dalam menyikapi kondisi bangsa yang terjadi saat ini.

Di samping itu, Herzaky mengatakan bahwa pihaknya menghormati independensi setiap partai politik dalam pengambilan keputusan. Pasalnya, hal tersebut sesuai dengan nilai yang selama ini dianut oleh Partai Demokrat.

Baca Juga: Kata Surya Paloh soal Deklarasi Pencapresan Anies Kaitannya Pemeriksaan di KPK

"[Oleh] karena itu pula, Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai Capres dari Partai NasDem untuk Pilpres 2024," ujarnya.

Dengan kata lain, Herzaky pun mengimbau seluruh pihak untuk saling menghormati keputusan yang diambil oleh setiap partai politik, demi menjaga nilai demokrasi yang saat ini dimiliki Indonesia.

Baca Juga: AHY Tunjuk Willem Wandik Jadi Plt DPD Partai Demokrat Papua Gantikan Lukas Enembe

"Mari kita saling menghormati mekanisme dan keputusan setiap partai, sebagai wujud komitmen kita untuk merawat demokrasi," ujar Herzaky.

Untuk diketahui, sebelumnya Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, sebagai Capres usungan NasDem dalam Pilpres 2024. Mengenai hal tersebut, Anies pun mengaku telah siap untuk mengemban mandat yang telah dipercayakan Partai NasDem kepadanya.

287