Home Olahraga Maria Caputi Wasit Wanita Pertama Serie A, Bukan Kaleng-kaleng, Segera Miliki Gelar Doktor

Maria Caputi Wasit Wanita Pertama Serie A, Bukan Kaleng-kaleng, Segera Miliki Gelar Doktor

Reggio Emilia, Gatra.com - Maria Sole Ferrieri Caputi tampil sebagai wasit wanita pertama yang tampil di Serie A Italia.

Wanita kelahiran 20 November 1990 ini menjadi pengadil lapangan saat laga Sassuolo melawan Salernitana di Stadion Mapei, Minggu (2/10).

Baca Juga: Real Madrid Gagal Menang, Barcelona Masih Memimpin

Dalam pertandingan itu, tuan rumah Sassuolo menang besar dengan skor 5-0. Maria juga sempat memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah yang berhasil di eksekusi dengan baik oleh Andrea Pinamonti.

Operator Serie A menyatakan Maria Sole Ferrieri Caputi memang wanita pertama yang memimpin pertandingan di papan atas. Namun menegaskanitu bukan yang terakhir. Artinya, Maria maupun wasit wanita lain bisa saja akan kembali menjadi pengadil pertandingan di laga-laga berikutnya.

Sebelum memimpin laga Serie A, Maria pernah memimpin sejumlah pertandingan Copa Italia. Dia juga menjadi wasit di Serie B sebelum musim ini naik status menjadi wasit Serie A.

Baca Juga: Paulo Dybala dan Chris Smalling Bawa AS Roma Bungkam Inter Milan

Musim ini, dia memulainya dengan menjadi menjadi ofisial keempat dalam pertandingan antara Monza–Udinese pada pekan ketiga Serie A.

Wanita kelahiran Livorno ini bukan orang sembarangan. Dia juga memiliki gelar sarjana dalam Ilmu Politik dan Hubungan Internasional dari Universitas Pisa, dan gelar master dalam Sosiologi dari Universitas Florence. Dia juga merupakan kandidat doktor di Universitas Bergamo.

Maria mulai bergabung dengan Asosiasiasi wasit Italia (AIA) pada 2007 silam. Pada November 2015, dia menjadi wasit pertandingan Serie D. Namun dia juga menjadi wasit internasionalnya di mana debutnya dia lakukan saat pertandingan Skotlandia melawan Siprus pada 2019.

Pada tahun 2020, dia dipromosikan ke Serie C, berlanjut 2021 ke Serie B, dan 2022 menjadi wasit di Serie A.

60