Home Regional Uang Tiket Tidak Dikembalikan, Penonton Merasa Ditipu Konser Tegal Festival Dilaporkan Polisi

Uang Tiket Tidak Dikembalikan, Penonton Merasa Ditipu Konser Tegal Festival Dilaporkan Polisi

Tegal, Gatra.com - Batalnya konser musik Amazing Tegal Festival 2022 di objek wisata Pantai Alam Indah (PAI), Kota Tegal, Jawa Tengah pada 26-28 Agustus lalu berbuntut panjang. Pihak penyelenggara atau EO akhirnya dilaporkan ke polisi karena tak kunjung mengembalikan uang tiket penonton.

Salah satu warga yang sudah membeli tiket, Amir (30) mengatakan, janji penyelenggara untuk mengembalikan uang tiket paling lambat 30 hari dan 45 hari setelah pengumuman pembatalan konser tak ditepati, namun penyelenggara ingkar janji.

"Sampai hari ini uang tiket belum dikembalikan panitia penyelenggara. Ini sudah 45 hari," katanya, Kamis (13/10).

Baca Juga: Konser Musik di Tegal Lagi-lagi Batal Digelar

Amir mengaku sudah menanyakan ke penyedia jasa pembelian tiket perihal pengembalian tiket. Jawaban yang diperoleh, uang hasil penjualan tiket sudah ditarik penyelenggara.

"Penyedia jasa meminta agar menanyakan ke penyelenggara karena mereka hanya platform penyedia layanan untuk penjualan tiket," ungkapnya.

Amir pun kemudian coba menghubungi langsung orang yang disebut salah satu panitia penyelenggara. Awalnya, panitia sempat berjanji akan mengembalikan uang pembelian tiket secara bertahap. Namun, saat dihubungi lagi, tidak ada kejelasan.

"Tanggal 7 September saya kontak lewat pesan WA dibalas, bahwa refund akan dilakukan bertahap selama jam kerja. Namun saya kontak lagi, sampai hari ini sudah tidak aktif. Tidak ada jawaban," ungkapnya.

Kecewa dua kali, Amir akhirnya melaporkan pihak penyelenggara ke Polres Tegal Kota. Dia merasa dirugikan dan berharap uang untuk pembelian tiket bisa dikembalikan.

"Saya beli lewat online dua tiket early bird VIP Day 3 seharga Rp300.000. Pasti banyak pembeli tiket lainnya yang juga merasa dirugikan karena janji penyelenggara akan mengembalikan tak ditepati," tandasnya.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Tegal Kota, AKP Untung Setiyahadi membenarkan adanya laporan dari pembeli tiket Tegal Amazing Festival 2022.

"Ada satu orang yang sudah melapor karena merasa dirugikan. Sudah dibuatkan Laporan Polisi (LP)," kata Untung.

Menurut Untung, pihak yang dilaporkan adalah panitia penyelenggara atau EO. Pasalnya penipuan dan atau penggelapan. "Sekarang sedang ditangani penyidik Unit 1," ujarnya.

Baca Juga: Gara-gara Panggung Diterjang Rob, Konser Dangdut Ini Gagal Digelar

Diberitakan sebelumnya, konser musik Amazing Tegal Festival 2022 yang sedianya digelar di kawasan objek wisata Pantai Alam Indah (PAI), Kota Tegal, pada 26-28 Agustus lalu mendadak batal digelar tanpa kejelasan beberapa jam sebelum dimulai. Padahal, panggung untuk konser sudah didirikan dan tiket sudah banyak dibeli calon penonton yang ingin menyaksikan penampilan sejumlah band dan penyanyi terkemuka.

Gagalnya penyelenggaraan event tersebut merupakan yang kedua kalinya pada tahun ini. Sebelumnya, konser musik Tegal Bahari Jazz 2022 pada 5-7 Mei di kawasan PAI juga mendadak batal digelar beberapa jam sebelum dimulai. Alasan pembatalan event yang menjanjikan penampilan sederet musisi jazz papan atas itu pun tak jelas, termasuk pengembalian tiket.

Padahal, banyak warga yang sudah membeli tiket event yang digadang-gadang jadi konser jazz tepi pantai pertama di Indonesa itu. Tak hanya masyarakat umum, Pemkot Tegal bahkan mewajibkan para ASN untuk ikut membeli tiket berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

342