Home Politik Sependapat dengan Ganjar, Hasto: Kalau Untuk Bangsa dan Negara Ya Harus Siap

Sependapat dengan Ganjar, Hasto: Kalau Untuk Bangsa dan Negara Ya Harus Siap

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto tidak mempermasalahkan pernyataan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat diwawancara oleh sebuah televisi swasta mengenai kesiapan menjadi Capres 2024.

“Kalau saya lihat, kan Pak Ganjar bilang, ‘setiap kader partai ketika, kalau untuk bangsa dan negara, ya semua harus siap’’. Ya memang harus menyatakan siap,” kata Hasto.

Hasto kemudian menyebut beberapa kader partai PDI Perjuangan yang telah mendapat penugasan partai.

Baca juga: FX Rudy Dukung Ganjar Jadi Capres, Hasto: Jangan Sebut Nama Capres Sebelum Diumumkan Ketum!

“Pak Djarot siap buat bangsa dan negara, Bu Risma siap buat bangsa dan negara. Ada Mbak Puan, ada Mas Pramono, ada Pak Anas, ya itulah semuanya harus menyatakan siap,” kata Hasto menjawab wartawan usai FGD Membangun Hegemoni Pangan dengan tema Desain Swasembada Kedelai di sekolah partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2022).

Hasto meminta apa yang disampaikan oleh Ganjar jangan kemudian (dianggap,red) jadi gimmick-gimmick politik. Ya karena di dalam berpartai seperti itu. Semua siap ditugaskan. Namun sekiranya Pak Ganjar menyebut diri sebagai capres itu pelanggaran disiplin organisasi,” urai Hasto.

Ia juga mempersilahkan bila pendukung Ganjar mengatakan bahwa statement Ganjar tersebut menunjukkan sudah ada sinyal dari Megawati Soekarnoputri. “Ibu Ketua Umum belum mengambil keputusan. Kalau orang berpendapat, ya setiap di dalam negara demokrasi kan bisa berpendapat,” katanya.

Baca jugaTerkait RI 1, Hasto Bocorkan Isi Pertemuan Jokowi dengan Megawati di Batu Tulis

Dikejar wartawan apakah dengan demikian Ganjar melanggar disiplin partai atau tidak, Hasto memberikan jawaban diplomatis.

“Ganjar melanggar aturan kalau mencampuri yang bukan kewenangannya, seperti bicara capres dan cawapres. Pak Ganjar disebut melanggar disiplin Partai jika menyatakan dirinya capres.,” kata Hasto.

Sementara, kata Hasto, dalam pernyataannya disebutkan Ganjar mengatakan “kalau ditugaskan”. “Kalau bicara ‘kalau ditugaskan’. Ya ‘kalau’,” ujarnya.

Hasto juga menolak apabila pernyataan Ganjar disebut sebagai manuver politik. “Ya kan (Ganjar menyatakan siap jadi capres, red) itu (karena) ditanya wartawan, seperti ini (kalian tanya ke saya, red),” jawab Hasto.

 

90