Home Ekonomi BPR Nusamba Cepiring Beri Pelatihan Gratis, Sertifikasi Halal hingga Permodalan pada UMKM Binaan

BPR Nusamba Cepiring Beri Pelatihan Gratis, Sertifikasi Halal hingga Permodalan pada UMKM Binaan

Kendal, Gatra.com - Untuk meningkatkan perekonomian para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), BPR Nusamba Cepiring tak berhenti hanya pada pemberian pelatihan-pelatihan saja. Namun, BPR Nusamba Cepiring juga membantu permodalan kepada para pelaku UMKM melalui Kredit Mitra Usaha (KMU) dengan bunga rendah, hanya 0,6%.

Bantuan permodalan ini bisa didapatkan dengan mudah oleh para pelaku UMKM binaan angkatan ke-10 yang semua anggotanya berlatar belakang warga Nahdhiyin.

"Progam KMU ini untuk membantu pelaku UMKM binaan agar bisa mendapatkan permodalan dengan mudah dan murah. Ini kami berikan agar pelaku UMKM bisa berkembang dan bisa mandiri tanpa menggunakan subsidi," kata Direktur BPR Nusamba Cepiring, Bambang Susanto usai memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM, Kamis (20/10).

Baca Juga: Gandeng PCNU, BPR Nusamba Cepiring Berdayakan Perekonomian UMKM dengan Pelatihan MBG

Dikatakan Bambang, progam pemberian permodalan mudah dan murah dilaunching untuk mendukung didirikannya Desk UMKM Comunity Center yang telah didirikan BPR Nusamba Cepiring. Di desk ini, pihaknya menyiapkan sejumlah petugas untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM cara memenejemen usahanya melalui pelatihan micro bussiness games (MBG).

Tak tanggung-tanggung, pelatihan ini diberikan kepada pelaku UMKM setelah pihaknya bekerjasama dengan Sparkassenstiftung dari Jerman. Di desk ini juga pihaknya memberikan pelatihan digitalisasi kepada para pelaku UMKM dan membantu proses perijinan usahanya serta memberikan sertifikasi halal pada produknya.

Progam sertifikasi halal ini akan diberikan kepada semua produk para pelaku UMKM binaan secara cuma-cuma, seperti program-program yang lain.

Perhatian khusus dari BPR Nusamba Cepiring kepada UMKM tak hanya berhenti di sini. Pasalnya, pada tanggal 25 Oktober nanti, BPR Nusamba Cepiring akan menggelar even dengan menggandeng semua pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kendal, baik UMKM binaan maupun UMKM dari luar.

"Di even itu nanti kita mengajak mereka untuk mendigitalisasikan produknya," jelas dia.

Baca Juga: Nusamba Cepiring Lanjutkan Estafet Kepedulian Bob Hasan pada Kaum Disabilitas

Ketua PCNU Kendal, KH Danial Royyan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada BPR Nusamba Cepiring yang telah memberikan perhatian lebih kepada para pelaku UMKM dari warga Nahdhiyin.

Dia juga berpesan kepada seluruh pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan MBG untuk serius mengikuti program yang diberikan agar lebih memiliki ilmu yang cukup dalam mengelola bisnis UMKM-nya.

"Ilmu yang diajarkan di sini sangat penting mengingat warga Nahdhiyin yang merupakan warga mayoritas di negeri ini menjadi benteng bagi bangsa Indonesia. Baik benteng dari disintegrasi bangsa maupun banteng dari resesi ekonomi," ujarnya.

266