Home Kesehatan Kasus Covid Varian Baru, Ketua Satgas Covid IDI: Ada Lonjakan Baru Dua Kali Lipat

Kasus Covid Varian Baru, Ketua Satgas Covid IDI: Ada Lonjakan Baru Dua Kali Lipat

Jakarta, Gatra.com - Ketua Satgas Covid Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Dr. dr. Erlina Burhan, SpP(K), menjelaskan update terbaru kasus Covid varian baru Omicron XBB Subvariant.

Erlina dalam konferensi pers media briefing: Update Kasus Covid dan Rekomendasi Terbaru IDI, Kamis (3/11), menyampaikan, dalam dua pekan pada bulan Oktober kemarin kasusnya masih stabil.

Baca Juga: Varian Baru Virus Covid-19 Segera Muncul Lagi, Pakar Punya Perkiraannya

Namun, kata dia, ada lonjakan hingga dua kali lipat di awal November 2022. Selain itu, terjadi peningkatan dua kali lipat juga pada angka kematian Covid-19 selama dua pekan dari akhir Oktober-November awal.

"Varian baru XBB dan XBC merupakan keluarga Omicron, dengan virus yang berkembang dan berubah akibat mutasi itulah terjadinya varian baru," katanya.

Baca Juga: Studi: Keturunan Omicron Mengancam Gelombang Baru COVID-19

Sedangkan varian Omicron sudah tersebar sejak November 2021 lalu. Semakin menyebar,  virus turunannya semakin banyak dan kompleks. Hal itulah yang menyebabkan hadirnya varian baru XBB dan XBC.

Sedangkan untuk update kasus Covid-19 di DKI Jakarta sudah menyentuh angka 1.781 disusul oleh Jawa Barat dengan total 700 kasus, kemudian Jawa Timur 580 kasus.

198