Home Olahraga Apriyani/Fadia Akan Berlaga di BWF World Tour Finals 2022

Apriyani/Fadia Akan Berlaga di BWF World Tour Finals 2022

Jakarta, Gatra.com - Gelaran Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2022 akan dimulai pada Rabu (7/12) hingga Minggu (11/12) mendatang di Bangkok, Thailand. Terbaru, wakil ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti mendapat undangan untuk tampil di turnamen penutup tahun 2022 ini.

"Pertama, bersyukur kita bisa main di World Tour Finals. Ini pertama kita berdua main di sana walaupun saya sudah pernah beberapa kali bersama Kak Greys (Greysia Polii), tapi sekarang pengalaman perdana buat kita,” kata Apri dalam rilis yang diterima, Selasa (29/11).

Sebelumnya, Apri/Fadia tidak termasuk dalam delapan besar pemain dengan poin terbanyak yang mendapat undangan untuk berlaga di BWF World Tour Final 2022. Namun, salah satu ganda putri yang lolos memilih untuk mundur. Apri/Fadia yang berada di daftar tunggu nomor pertama otomatis akan menggantikan posisinya. Saat ini, BWF belum merinci siapa pasangan yang mundur tersebut sebab pengajuan dan penarikan daftar pemain masih akan berlangsung sampai Rabu (30/11) tengah malam.

Meskipun kepastian tampil dengan hari pertandingan diumumkan dalam waktu singkat, Apri/Fadia merasa tidak terganggu dengan persiapan yang dilakukan. Keduanya mengaku merasa persiapan yang mereka lakoni sudah cukup.

“Dari kemarin, Koh Didi (Eng Hian, pelatih ganda putri) memang terus push saya dan Fadia. Jadi tidak ada masalah dengan persiapan. Yang terpenting bagaimana kita latihan bukan hanya mengejar capeknya melakukannya juga harus benar sekecil apapun itu. Dengan begitu, kepercayaan diri kita pasti ada,” jelas Apri.

Senada, Fadia mengaku persiapan yang dilakukan sudah cukup. Latihan dan persiapan untuk tahun depan terus dilakukan sehingga keikutsertaannya pada BWF World Tour Finals bisa difokuskan.

“Sejak terakhir main di tur Eropa, saya memang belum libur dan tetap latihan. Sudah sempat evaluasi juga untuk persiapan tahun depan, tapi karena ada kesempatan main di World Tour Finals, jadi fokus kita alihkan ke yang paling dekat dulu,” ucap Fadia.

Keduanya mengaku tidak terlalu memikirkan bagaimana hasilnya nanti. Siapapun lawannya, keduanya akan berfokus menampilkan yang terbaik selama pertandingan.

Kesediaan Apri/Fadia untuk berlaga di BWF World Tour Finals 2022 menjadikan Indonesia meloloskan wakil di semua sektor. Ini menjadi sejarah sebab menjadi yang pertama kalinya sejak ajang ini digelar. Sebelumnya, wakil Indonesia yang menerima undangan dan mengonfirmasi diri untuk berlaga adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dari sektor tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung dari sektor tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dari sektor ganda putra, serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dari sektor ganda campuran.

41