Home Olahraga Ginting dan Jojo Melaju ke Semi final World Tour Finals 2022

Ginting dan Jojo Melaju ke Semi final World Tour Finals 2022

Jakarta, Gatra.com - Kemenangan wakil tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting berhasil membuat wakil Indonesia lainnya, Jonathan Christie melaju ke babak semi final Badminton World Federation (BWF) World Tour Finals 2022. Ginting menang atas wakil Singapura, Loh Kean Yeaw dengan straight game, 21-12, 23-21.

"Tadi malam memang sudah diberitahu bahwa dapat satu game saja saya sudah lolos, tapi memang tidak mau terlalu memikirkan hal itu karena kemenangan hari ini juga penting buat saya," ujar Ginting dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/12).

Sejak game pertama, Ginting mendominasi jalannya pertandingan. Terus menekan, permainan Loh tidak keluar dan membuat Ginting menutup game pertama dengan 21-12.

Baca Juga: BWF World Tour Finals 2022: Kalah Lagi, Langkah Apri/Fadia Terhenti

"Sejak pertandingan pertama kan selalu bermain di lapangan satu jadi kurang lebih sudah tahu kondisi kalah dan menang anginnya. Di gim pertama saya lebih leluasa dan lebih enak untuk mengatur pola permainan karena lapangannya kalah angin," Ginting menjelaskan.

Memasuki game kedua Loh berhasil mengatur serangan dan menjaga keunggulan hingga 15-12, namun Ginting kembali menemukan permainannya dan menyamakan kedudukan, bahkan berbalik unggul 18-15.

Meraih match point terlebih dahulu 20-18, justru Loh kembali membangun serangan dan unggul 20-21. Setelahnya, serangan Ginting tidak berhasil dikembalikan hingga akhirnya Ginting menutup game kedua dengan kemenangan.

"Di game kedua saya coba lebih sabar, lebih tenang dan siap capek mengingat sisi lapangannya menang angin. Cover lapangan lebih banyak karena Loh lebih mengontrol permainan," ujarnya.

Ginting berhasil keluar sebagai juara Grup B. Sementara, Jojo yang juga lolos mendampingi Ginting berstatus sebagai runner up. Ia mengaku bahwa kemenangan ini penting bukan hanya demi poin grup, melainkan juga untuk kepercayaan dirinya.

Baca juga: Perebutkan Posisi Juara Grup Hari Ini, Ahsan/Hendra Memastikan Diri ke Semifinal

"Selain itu, tadi berpikirnya pas Jonatan menang, ya saya mau bareng-bareng lolos sama dia. Cuma saya tidak mau membebani diri sendiri jadi tadi coba fokus strategi di lapangan seperti apa," ujarnya.

Sebelumnya, Jojo berhasil menang atas Chou Tien Chen dengan rubber game, 21-13, 12-21, 21-17. Karena tidak menang straight game, kemenangan Ginting atas Loh menambah poinnya sehingga ia melaju ke babak berikutnya.

Usai pertandingan ini, Ginting mengaku akan fokus untuk recovery dan persiapan menuju babak semi final Sabtu besok (10/12). Menurutnya, siapapun lawan yang akan dihadapi merupakan lawan kuat sehingga mempersiapkan diri menjadi fokus utamanya.

53