Home Olahraga Prancis Keok dari Tunisia, Tetap Amankan Juara Grup

Prancis Keok dari Tunisia, Tetap Amankan Juara Grup

Al Rayyan, Gatra.com - Timnas Prancis takluk dari Tunisia dalam laga terakhir fase Grup D Piala Dunia 2022 Qatar.

Les Blues menyerah dengan skor 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Education City Stadium, Rabu (30/11) malam WIB. Meski kalah, Prancis tetap melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga: Australia Benamkan Denmark, Melaju ke Babak 16 Besar

Tak seperti di dua pertandingan sebelumnya, kali ini arsitek Prancis Didier Deschamps menampilkan pemain pelapis sejak awal pertandingan. Deschamps memasang Randal Kolo, Kingsley Coman, dan Matteo Guendouzi di lini depan.

Kapten Hugo Lloris juga tak tampil di bawah mistar gawang. Deschamps memberi kepercayaan kepada Steve Mandanda untuk tampil. Ban kapten dipercayakan kepada Raphael Varane.

Situasi ini dimanfaatkan Tunisia untuk tampil menekan sejak awal pertandingan. Tunisia pun berhasil mendominasi permainan. Kapten Tunisia Wahbi Khazri memiliki sejumlah peluang untuk mencetak gol. Namun Madanda mampu tampil menjanjikan.

Prancis sendiri tak pernah mengancam gawang Tunisia selama 45 menit babak pertama. Skor 0-0 mewarnai laga saat turun minum.

Baca Juga: Direksi Juventus Mundur Bersama, Gara-gara Kejaksaan Lakukan Penyelidikan?

Meski pasukannya tak trengginas, Deschamps sama sekali tak melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Akibatnya, Tunisia masih dominan.

Bahkan di menit ke-58, gawang Prancis akhirnya kebobolan. Bola yang dikuasai Youssouf Fofana berhasil dicuri pemain Tunisia Aissa Laidouni, dan kemudian dikuasai Wahbi Khazri.

Wahbi Khazri membawa bola sendirian ke depan gawan Prancis. Meski mendapat hadangan dari 4 pemain lawan, Khazri masih mampu melepas tembakan dan masuk ke gawang Prancis.

Usai tertinggal, Deschamps akhirnya memasukkan sejumlah pemain pilarnya. Adrien Rabiot, Kylian Mbappe, dan Antoine Griezman dimasukkan Deschamps ke lapangan. Berikutnya, Deschamps memasukkan Ousmane Dembele.

Baca Juga: Rupa-rupa Pendukung Kroasia di Piala Dunia 2022

Masuknya para pemain tersebut membuat Prancis mulai menemukan ritme permainnya. Dembele, Mbappe mulai mampu meneror gawang Tunisia. Beruntung kiper Tunisia Aymen Dahmen mampu melakukan penyelamatan gemilang.

Di masa perpanjangan waktu babak kedua, Antoine Griezmann mampu membobol gawang Tunisia. Namun wasit membatalkan gol tersebut, setelah VAR menyatakan Griezmann terlebih dulu offside. Tunisia pun berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 1-0.

Meski menang atas Prancis, Tunisia gagal lolos ke babak 16 besar. Sebab di saat bersamaan, Australia mampu menang 1-0 atas Denmark.

Tunisia harus puas berada di peringkat ketiga dengan koleksi 4 poin. Adapun Prancis tetap tampil sebagai juara grup dengan 6 poin, disusul Australia yang juga mengemas 6 angka.

57