Home Olahraga Laju Jepang Terhenti, Kalah Adu Penalti dari Kroasia

Laju Jepang Terhenti, Kalah Adu Penalti dari Kroasia

Al Wakrah, Gatra.com - Laju Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar akhirnya terhenti di babak 16 besar.

Tim Samurai Biru itu harus tersisih dari Kroasia lewat adu penalti dalam laga yang berlangsung di Al Janoub Stadium, Senin (4/12) malam WIB.

Baca Juga: Sah! Olivier Giroud Jadi Raja Gol Prancis

Kiper Kroasia Dominik Livakovic menjadi pahlawan dalam pertandingan itu. Pemain kelahiran 9 Januari 1995 itu sukses mementahkan tiga tendangan penalti dari pemain Jepang.

Laga kedua tim memang seimbang sejak awal pertandingan. Keduanya mampu saling serang untuk bisa unggul lebih dulu.

Namun di babak pertama, Jepang mampu menutup pertandingan dengan keunggulan 1 gol. Daizen Maeda sukses membobol gawang Kroasia di menit ke-43.

Baca Juga: Liga 1 Berlanjut, PSIS Semarang Pesta Gol ke Gawang Madura United

Hanya saja di babak kedua, Kroasia mampu menyamakan kedudukan. Umpan silang dari Dejan Lovren, Ivan Perisic sukses menyambutnya dengan tandukan mematikan. Menit ke-55 skor menjadi 1-1.

Skor ini bertahan hingga waktu normal berakhir. Laga pun harus dilanjutkan ke babak tambahan. Namun 2x15 menit babak tambahan, tak ada gol lagi. Pertandingan pun harus ditentukan dengan adu penalti.

Takumi Minamino yang menjadi eksekutor pertama, gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya berhasil diamankan oleh Dominik Livakovic.

Baca Juga: Jerman Gagal di Piala Dunia 2022, Hansi Flick: Ini Salah Kita Sendiri

Adapun penendang pertama Kroasia Nikola Vlasic sukses membawa negaranya memimpin. Jepang semakin tersudut saat tendangan kedua yang dieksekusi Kauro Mitoma juga sukses dimentahkan oleh Likovic.

Marcelo Brozovic kemudian mampu membawa Kroasia unggul dua gol. Jepang baru bisa membobol gawang Kroasia lewat penendang ketiganya, Takuma Asano.

Jepang masih memiliki harapan usai tendangan Marko Livaja gagal. Namun kesempatan mengejar buyar usai eksekusi penendang keempat Jepang Maya Yoshida kembali digagalkan Likovic.

Kroasia akhirnya melaju ke babak 8 besar usai eksekusi Mario Pasalic sukses membobol gawang Jepang. Kroasia unggul 3-1 di babak adu penalti.

116