Home Teknologi BSSN Sampaikan 12 Langkah Amankan Akun Instagram

BSSN Sampaikan 12 Langkah Amankan Akun Instagram

Jakarta, Gatra.com – Juru Bicara Siber dan Sandi Negara (BSSN), Ariandi Putra, mengatakan, Instagram adalah salah satu media sosial yang populer dan digunakan oleh generasi muda.

Instagram, kata Ariandi, dalam keterangan pers, Kamis (8/12), merupakan media sosial (Medsos) yang juga rawan peretasan dan pencurian data. Untuk mengantisipasinya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. 

Baca Juga: Tips Bijak Berselancar di Jagat Siber Ala BSSN

Pertama, lanjut Ariandi, memilih kata sandi (password) yang kuat. Ini bisa dengan menggunakan kombinasi minimal enam angka, huruf, dan karakter khusus (seperti [email protected]%), dan hindari pengulangan.

Kedua, senantiasa rutin untuk mengganti password. Ketiga, aktifkan autentikasi dua faktor untuk keamanan akun tambahan. Keempat, pastikan akun email Anda aman. Pasalnya, orang yang bisa membaca email Anda kemungkinan juga bisa mengakses akun Instagram Anda.

“Ubah kata sandi untuk semua akun email Anda dan pastikan tidak ada kata sandi yang sama,” katanya.

Kelima, logout dari Instagram. Menurutnya, langkah ini harus dilakukan jika pengguna mengakses aplikasi atau medi sosial menggunakan komputer atau gawai yang juga digunakan orang lain. Jangan centang kotak "Ingat saya" saat login dari komputer umum karena dengan begitu Anda akan tetap login bahkan setelah jendela browser ditutup.

Keenam, jangan bagikan kata sandi kepada orang yang tidak Anda kenal atau percaya. Ketujuh, pertimbangkan sebelum Anda mengotorisasi aplikasi pihak ketiga. Kedelapan, tidak sesering mungkin memberitahukan apa yang sedang dilakukan atau posisi anda sekarang.

Kesembilan, pastikan Anda tahu apakah akun Anda bersifat publik ataukah pribadi. Saat Anda mengatur postingan Anda menjadi pribadi, siapa pun yang ingin melihat postingan, pengikut, atau daftar mengikuti harus mengirimi Anda permintaan mengikuti.

Sepuluh, jangan segan memblokir. Menurut Ariandi, memblokir, melaporkan, atau menghapus dari daftar pertemanan terhadap akun yang dianggap mengancam dan mengganggu kenyamanan bermedia sosial.

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu, Berikut Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Anak

Kesebelas, melaporkan. Laporkan jika mendapati pengguna Instagram yang berusia di bawah 13 tahun. Instagram menyarankan usia pengguna Instagram harus 13 tahun ke atas. Jika pengguna berusia 13 tahun ke bawah, harus berada dalam pengawasan orang tua.

“Terakhir kedua belas, menggunakan salah satu layanan Instagram yaitu 'A Parent’s Guide to Instagram',” katanya.

112