Home Olahraga Kalahkan Jojo, Ginting Mantapkan Langkah Menuju Final BWF World Tour Finals 2022

Kalahkan Jojo, Ginting Mantapkan Langkah Menuju Final BWF World Tour Finals 2022

Jakarta, Gatra.com – Tunggal Putra Indonesia, Anthony Ginting sukses mengamankan tiket menuju final BWF World Tour Finals 2022 usai menaklukkan Jonatan Christie, dengan skor 21-15, 11-21, 21-18, pada pertandingan di Nimibutr Arena, Bangkok, Thailand, pada Sabtu (10/12).

Sempat tertinggal pada gim kedua, Ginting merasa pertandingan kontra Jojo pada hari ini memberinya tekanan yang lebih tinggi dibanding pertemuan pertama mereka pada fase grup turnamen. Pasalnya, kata Ginting, keduanya hari ini bertanding pada partai semifinal.

“Dibanding pertemuan pertama dengan Jojo kemarin, rasanya lebih berbeda. Tekanan lebih tinggi, tegangnya lebih ada karena ini sudah semifinal. Pasti ekspektasi kita mau ke final,” ujar Ginting, usai pertandingan, Sabtu (10/12).

Ginting pun mengungkapkan strategi yang ia gunakan saat kontra Jojo pada gim ketiga. Menurutnya, dalam laga itu, ia cenderung menggunakan strategi untuk memperlebar jarak sejauh mungkin di 11 poin pertama.

“Setelah pindah saat interval memang sudah menyiapkan untuk lebih fokus karena Jonatan pasti akan lebih leluasa bermain di sisi yang kalah angin,” ungkap Ginting.

Ia mengaku sempat terpancing permainan Jojo sehingga Jojo akhirnya dapat menyamakan kedudukan karena Ginting bermain dengan terburu-buru. Oleh karena itu, Ginting sempat mengalami sejumlah kegagalan pada gim ketiga itu, sebelum akhirnya berhasil melampaui perolehan skor Jojo dan keluar sebagai pemenang.

“Pas poin sama, saya mencoba lebih menenangkan diri sendiri. Dia sudah spekulasi untuk menyerang terus jadi meredam dengan main tenang,” katanya.

Kemenangannnya atas Jojo pun membuat ia berhasil melaju ke partai final. Namun demikian, ia mengatakan bahwa kondisi lapangan tidak memiliki pengaruh khusus pada performanya mendatang. Menurutnya, kondisi lapangan memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing.

“Tinggal bagaimana kesiapan di lapangan,” ujar Ginting, dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, final BWF World Tour Finals 2022 nanti merupakan final keduanya pada turnamen itu, setelah sebelumnya ia sempat melaju ke babak final pada turnamen BWF World Tour Finals 2019 lalu.

“Ini final kedua saya di World Tour Finals setelah 2019. Pastinya mau lebih, belum puas. Masih ada tugas besok yang harus diselesaikan,” pungkas Ginting.

111