Home Kesehatan Cegah Kebutaan, Mensos Gelar Layanan Operasi Katarak di Beberapa Daerah

Cegah Kebutaan, Mensos Gelar Layanan Operasi Katarak di Beberapa Daerah

Bali, Gatra.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini membuka layanan operasi katarak untuk lansia dan anak-anak guna mencegah kebutaan. Ia juga menegaskan pentingnya untuk bersama-sama saling mengingatkan terkait penyakit katarak.

“Beberapa hari ini, kita lakukan operasi katarak. Terjadi kebutaan bukan hanya kepada lansia. Kita juga temukan di NTB ternyata anak-anak mereka juga kena,” kata Risma dalam pidatonya di Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Disabilitas Internasional di Alun-Alun Ida Dewa Agung Jambe, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, Selasa (20/12).

Sebelumnya, Kementerian Sosial menggelar operasi katarak gratis di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi pada 13 Desember lalu. Hal yang sama dilaksanakan di Bandung yang disertai dengan Penyaluran Bantuan ATENSI berupa paket Sembako di Auditorium Sentra Wyata Guna.

Operasi itu diikuti oleh 16 orang yang memenuhi syarat mulai dari screening visus, tensi, gula, swab, dan surat pertujuan operasi. Acara dilaksanakan di RS Bhayangkara TK.II Sartika Asih, Bandung, pada 9 Desember lalu.

Selain di Bandung dan Bekasi, operasi katarak gratis juga digelar di RSUD Soewondo Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang diikuti oleh 236 peserta pada 14-16 Desember lalu. Adapun pada 14 Desember dilakukan screening calon peserta, sementara tanggal 15-16 Desember diselenggarakan operasi massal.

53