Home Gaya Hidup Luncurkan Latar Kota by Banaran, PTPN IX Terus Eksplorasi Sumber Pendapatan

Luncurkan Latar Kota by Banaran, PTPN IX Terus Eksplorasi Sumber Pendapatan

Semarang, Gatra.com - PTPN IX sebagai salah satu anak Perusahaan Holding Perkebunan terus berupaya mengexplorasi sumber pendapatan di luar core business perkebunan.

Langkah yang dilakukan antara lain dengan optimalisasi aset di berbagai sektor industri diantaranya kawasan industri, wisata agro, rest area, serta perikanan.

Baca Juga: Tim SMART IT PTPN IX Juara di PIS 2022, Kenalkan D'Farm Karet

Selain memanfaatkan aset secara mandiri PTPN IX juga berkolaborasi dengan mitra strategis baik dari pihak swasta maupun BUMN lain sejalan dengan program prioritas transformasi Holding Perkebunan.

Yang terbaru PTPN IX mengembangkan bisnis restoran dengan memanfaatkan aset yang berlokasi di Kawasan Kota Lama Semarang. Restoran dan Coffeeshop tersebut diberi nama Latar Kota by Banaran.

Dibuka secara resmi oleh manajemen pada tanggal 23 Desember 2022, restoran ini mengedepankan tema industrial vintage. Keberadaannya diharapkan mampu memberikan pengalaman yang berbeda bagi para pengunjung dan wisatawan.

SEVP Business Support PTPN IX, Affan Safiq menyampaikan, posisi geografis PTPN IX di Jawa Tengah memberikan peluang dalam melakukan kolaborasi dengan Mitra Strategis untuk memaksimalkan pendapatan bisnis non core dari aset-aset potensial.

Latar Kota by Banaran salah satu usaha PTPN IX di kawasan Kota Lama Semarang.(Dok.PTPN IX)

“Pelaksanaan optimalisasi aset ini juga sudah diatur dalam Permen BUMN dan Perdir Holding serta sejalan dengan Program Strategis dari Holding Perkebunan,” ujarnya.

Hingga penghujung tahun PT Perkebunan Nusantara IX telah mencatatkan beberapa capaian dari optimalisasi aset dengan membukukan pendapatan sebesar Rp52,4 milar. Capaian sebesar 171% ini melebihi target senilai Rp30,6 miliar, menyumbang 8,4 % dari total pendapatan keseluruhan perusahaan hingga bulan November 2022.

PTPN IX terus berupaya meningkatkan kinerja melalui langkah-langkah strategis dengan prinsip-prinsip Good Corporate Governance serta disaat yang sama menjaga keberlanjutan kelestarian lingkungan, demi menjadi perusahaan agrobisnis yang berdaya saing tinggi dan tumbuh berkembang bersama mitra.

197