Home Hukum Polri Siapkan Jalur Mudik Lebaran Idulfitri 2023

Polri Siapkan Jalur Mudik Lebaran Idulfitri 2023

Jakarta, Gatra.com – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai menyiapkan jalur mudik Lebaran Idulfitri 2023 yang tiga setengah bulan lagi, tepatnya 21–23 April 2023.

"Kita harapkan nanti menjelang Lebaran 2023 apa yang kemarin Lebaran tahun lalu belum sempurna kita sempurnakan. Tahun kemarin ada satu ruas jalan yang belum menjadi pilihan masyarakat, jalur pansel (pantura selatan)," kata Kakorlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi, saat dikonfirmasi pada Rabu, (4/1).

Baca Juga: Mudik Lebaran, Ganjar Sebut 11,4 Juta Pemudik dan 1,7 Juta Kendaraan ke Jateng

Firman mengatakan, persiapan jalur menjelang Lebaran 2023 juga telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Firman mengaku akan mengevaluasi jalan yang biasa dilewati pemudik bersama stakeholder terkait.

"Ada jalan yang belum ada penerangan, belum ada pom bensin, tempat istirahat, rumah makan, masyarakat masih cenderung memilih jalan tol dan arteri biasa. Kita maklum masyarakat ingin aman juga saat puasa," kata Firman.

Saat berpuasa, pemudik memilih jalan pada sore atau malam hari. Namun, penerangan jalan belum memadai. Permasalahan itu, kata Firman, akan menjadi masukan kepada pemerintah.

"Moga-moga bisa sampaikan ini [penerangan jalan], daya tempuh jadi makin cepat dari lokasi ke lokasi lain. Bukan berarti ngebut ya," ujar dia.

Baca Juga: Kemnaker Imbau Pengusaha Berikan Tambahan Cuti Mudik Lebaran

Firman meminta masyarakat mengemudi dalam keadaan bugar untuk menghindari kecelakaan. Dia juga mengimbau masyarakat tidak pulang kampung menggunakan kendaraan roda dua. Sebab, kecelakaan sering terjadi pada kendaraan jenis tersebut.

"Silakan naik kereta, kapal, angkutan lain. Bahkan pemerintah menyiapkan angkutan lebaran waktu itu [lebaran tahun lalu]. Ini upaya-upaya untuk layani masyarakat," kata dia.

259