Home Regional Singkirkan Ratusan Pendaftar, 20 PPK di Kota Tegal Dilantik

Singkirkan Ratusan Pendaftar, 20 PPK di Kota Tegal Dilantik

Tegal, Gatra.com - Sebanyak 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 di Kota Tegal, Jawa Tengah dilantik setelah lolos seleksi menyisihkan ratusan pendaftar.

Pelantikan dan pengambilan sumpah digelar di Bahari Inn pada Rabu (4/1). Selain dilantik, anggota PPK di empat kecamatan tersebut juga menandatangani pakta integritas.

Baca Juga: Bawaslu Labura Dalami Kisruh Rekruitmen PPK Kecamatan Kualuh Hulu

Komisioner KPU Kota Tegal Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM Thomas Budiono mengatakan, 20 PPK yang dilantik merupakan hasil seleksi sekitar 260 pendaftar.

"Para pendaftar sebelumnya sudah kami seleksi secara administrasi, tertulis dengan CAT, kemudian ditindaklanjuti wawancara untuk mendalami integritas, profesionalitas dan kemampuan mereka dalam menjalankan pemilu," katanya.

Menurut Thomas, setelah dilantik, PPK sebagai kepanjangan tangan KPU di tingkat kota akan langsung bekerja melaksanakan tahapan-tahapan pemilu 2024 di kecamatan. Mereka diharapkan mampu berkomunikasi dengan stakeholder, memenej timnya dan memfasilitasi pelaksanaan pemilu untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Tantangan ke depan memang sangat berat bagi mereka karena Pemilu 2024 sebetulnya hampir sama dengan pemilu 2019. Jadi mereka perlu tenaga yang kuat, profesional, dan mampu menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: Tangani Kisruh Tes PPK, Pelapor Harap Bawaslu Profesional

Thomas mengatakan, masa kerja PPK akan berakhir dua bulan setelah tahapan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif. Namun masa kerja diperkirakan akan diperpanjang hingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang juga akan digelar pada 2024.

"Karena Pemilu 2024 beririsan dengan pilkada, maka ada kemungkinan masa kerja mereka akan diperpanjang sampai pelaksanaan pilkada di 27 November 2024," jelasnya.

43