Home Olahraga Peluang Indonesia Pupus di Semifinal Piala AFF 2022

Peluang Indonesia Pupus di Semifinal Piala AFF 2022

Jakarta, Gatra.com - Indonesia harus mengakui keunggulan Vietnam dalam leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, Senin (9/1). Bertanding di My Dinh Stadium, Vietnam, Tim Nasional (Timnas) Indonesia takluk 0-2 atas Vietnam.

Gol Vietnam dicetak oleh pemain bernomor punggung 22, Nguyen Tien Linh. Di awal babak pertama pada peluang pertama tim Vietnam, Nguyen berhasil melesakkan gol di menit ketiga.

Baca Juga: Indonesia-Vietnam: Bentrokan Shin Tae-yong Vs Park Hang-seo

Sedangkan gol kedua turut ditembakkan oleh Nguyen di menit 47. Menerima tendangan penjuru, Nguyen menyundul bola ke sudut kiri gawang Timnas Indonesia dan kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Indonesia bermain lebih menyerang di babak kedua. Pergantian pemain dilakukan dengan memasukkan Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya di menit 56, namun masih belum ada peluang emas terjadi. Sebaliknya, beberapa kali Vietnam mendapat peluang melalui serangan balik yang akhirnya bisa dipatahkan pemain belakang Indonesia.

Penambahan waktu 5 menit di babak kedua tidak membuat keadaan berubah. Meskipun unggul dengan 53% penguasaan bola dan terus menekan, Skuad Garuda tidak berhasil mengonversi peluang menjadi gol.

Total sembilan tembakan dilepaskan oleh pemain Timnas Indonesia, namun tidak ada satu pun tembakan ke arah gawang. Adapun Vietnam berhasil membuat 5 tembakan ke arah gawang dari total 14 tembakan yang dilepaskan.

Baca Juga: Begini Pesan Jokowi Kepada Timnas Indonesia Jelang Semi Final Piala AFF 2022

Hasil imbang 0-0 di leg pertama, Jumat (6/1) lalu dan kemenangan di laga ini membuat Vietnam memastikan diri melangkah ke babak final Piala AFF 2022. Kemenangan ini juga memastikan bahwa Vietnam masih menjadi satu-satunya tim yang belum kebobolan di ajang ini.

Dengan kekalahan ini, langkah tim asuhan Shin Tae-yong harus terhenti di babak semifinal. Hasil ini menunjukkan kemunduran dari pencapaian tahun lalu di Piala AFF saat Indonesia keluar sebagai runner-up usai ditaklukkan Thailand.

100