Home Olahraga Jojo dan Ginting Melaju ke Babak 16 Besar Malaysia Open 2023

Jojo dan Ginting Melaju ke Babak 16 Besar Malaysia Open 2023

Jakarta, Gatra.com – Dua wakil tunggal putra Indonesia berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Malaysia Open 2023. Bermain di Axiata Arena, Selasa (10/2), Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie meraih kemenangan dalam babak 32 besar.

Bermain terlebih dahulu di match keempat, Jojo menaklukkan Wang Tzu Wei asal Taiwan melalui straight game, 21-19, 21-13. Di game pertama, Jojo sempat tertinggal 5-14. Tak kehilangan ketenangan, Jojo mampu mengejar dan menyamakan kedudukan menjadi 16-16. Kembali tertinggal 16-19, pemain peringkat tiga dunia ini akhirnya unggul 21-19.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Malaysia Open 2023 Hari Ini 10 Januari

"Saya bersyukur setelah di game pertama ketinggalan jauh, pelan-pelan saya mengubah strategi permainan dan akhirnya menang. Tadi saya ketinggalan, saya terus mencari jalan dengan mendahului permainan depan lebih dulu dan lawan malah mengikuti permainan saya," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/1).

Berbeda dengan situasi di game pertama, Jojo terus memegang kendali di game kedua. Memimpin 11-7 saat interval, smash ke sisi kiri bidang lawan yang tak tertangkis mengantarkan Jojo menutup game kedua dengan kemenangan.

"Puji Tuhan, akhirnya bisa lolos dari lubang jarum. Di game pertama dari ketinggalan akhirnya bisa nyusul dan mampu memenangi laga," katanya.

Sementara itu, Ginting harus menjalani rubber game saat berhadapan dengan Ng Ka Long Angus asal Hongkong. Sempat kehilangan game pertama, Ginting membalikkan keadaan 17-21, 21-18, 21-12 dalam pertandingan berdurasi 65 menit itu.

"Puji Tuhan saya bisa menang dan tanpa cedera. Tadi di game pertama sebenarnya saya sudah berusaha mencari strategi tepat. Tetapi ada salahnya dan ada buru-burunya. Saya juga sempat ragu dan pukulannya jadi tanggung. Ini membuat lawan lebih enak menyerang," jelasnya.

Berbeda dengan situasi game pertama, di game kedua Ginting terus menjaga keunggulan. Meskipun lawan sempat menyamakan kedudukan 18-18, Ginting berhasil memaksakan rubber game.

"Di game kedua, posisi saya lebih enak karena di posisi kalah angin. Pola permainan saya pun bisa mengontrol dan bisa unggul. Saya juga sudah belajar bagaimana mencari timing yang pas untuk memukul shuttlecock," lanjutnya.

Memasuki game penentuan, Ginting berusaha mengontrol jalannya pertandingan sejak awal dimulai. Hasilnya, pemain peringkat 5 dunia ini berhasil menjaga gap 11-6 pada interval, yang terus mendorongnya mendominasi jalannya pertandingan hingga skor akhir 21-12.

Baca Juga: Babak 32 Besar Malaysia Open 2023: Ini Jadwal Lengkap Pemain Indonesia

"Di game ketiga, prinsip saya cuma berusaha mengumpulkan angka lebih banyak dulu sebelum interval. Sehingga saat pindah lapangan, saya bisa lebih tenang karena pada posisi kalah angin, dan ternyata berhasil," ujarnya.

Selain Jojo dan Ginting, dua wakil tunggal putra lainnya baru akan bertanding besok, Rabu (11/1). Chico Aura Dwi Wardoyo akan berhadapan dengan Hans-Kristian Vittinghus (Denmark), sementara Shesar Hiren Rhustavito akan melawan Kulavut Vitidarsn asal Thailand.

190