Home Politik Delapan Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup, Demokrat: Kami Suarakan Aspirasi Rakyat

Delapan Parpol Tolak Sistem Proporsional Tertutup, Demokrat: Kami Suarakan Aspirasi Rakyat

Jakarta, Gatra.com - Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menekankan sistem proporsional terbuka saat ini merupakan yang terbaik.

Herzaky dalam keterangan tertulis pada akhir pekan ini, menyampaikan beberapa alasan bahwa sistem proporsional terbuka adalah yang terbaik, yakni:

Baca Juga: Pengamat Sebut Pemilu Proporsional Tertutup Berorientasi Masa Lalu

1. Kedaulatan rakyat bisa lebih diwujudkan.

Menurutnya, dengan memilih langsung siapa wakil rakyat yang diinginkan, rakyat tidak pilih kucing dalam karung.

2. Kader-kader Demokrat memiliki ruang dan peluang yang relatif sama untuk terpilih berapapun nomor urutnya.

Menurutnya, peluang tersebut dengan catatan para kader harus fokus berusaha, berjibaku, berjuang merawat konstituen, setra menyerap dan mendengarkan aspirasi rakyat.

“Inilah yang menjadi dasar pernyataan sikap kami bersama tujuh parpol parlemen lainnya. Bagi Demokrat, apa yang kami lakukan bersama tujuh parpol lainnya, itu merupakan bentuk peneguhan sikap. Penegasan komitmen kami terhadap demokrasi,” katanya tegas.

Herzaky menyampaikan ,prinsip untuk demokrasi perwakilan di negeri ini dipilih dengan hati-hati. Kemudian, isi dari suara rakyat disampaikan kepada Demokrat di depan khalayak publik.

Baca Juga: Partai Lain Tolak Proporsional Tertutup, Puan: Kami Mengikuti Keputusan MK

Ia menitikberatkan jika Demokrat terus berupaya memperjuangkan aspirasi dan harapan rakyat. Menurutnya, negeri ini akan mencatat sejarah. Namun, jika ada pihak-pihak yang menganggapnya berbeda, hal itu merupakan hal biasa dalam berdemokrasi.

“Itulah Pancasila, berbeda-beda tapi tetap satu. Indonesia. Kita saling menghormati pandangan satu sama lain. Mari kita terus merawat demokrasi kita, agar ruang berdialektika, berbeda pendapat, dapat terus terjaga, seperti yang terus digaungkan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono,” ujarnya.

29