Home Olahraga Erling Haaland Semakin Tajam, Rekor Gol Shearer dan Andy Cole Bisa Pecah?

Erling Haaland Semakin Tajam, Rekor Gol Shearer dan Andy Cole Bisa Pecah?

Manchester, Gatra.com - Pundi-pundi gol penyerang Manchester City Erling Haaland di Liga Inggris terus bertambah.

Dalam laga Manchester City melawan Wolves, Minggu (22/1) malam WIB itu, penyerang asal Norwegia tersebut mampu membuat hattrick alias tiga gol.

Baca Juga: Apes Berat! Usai Dikurangi 15 Poin, Juventus Gagal Menang

Laga yang berlangsung di Stadion Etihad itu dimenangkan City dengan skor 3-0. Tambahan tiga gol, membuat Haaland moncer di puncak daftar top skor sementara Liga Inggris dengan 25 gol.

Haaland unggul jauh dari bomber Tottenham Hotspur Harry Kane yang masih mengemas 15 gol. Kane sendiri musim lalu mencetak 17 gol.

Torehan Haaland musim ini, sudah melampaui catatan Mohamed Salah, Son Heung Min di musim lalu. Salah dan Son meraih sepatu emas bersama di musim lalu dengan catatan 23 gol.

Musim ini, City baru melakoni 20 pertandingan di Liga Inggris. Artinya, pasukan Pep Guardiola itu masih akan bertanding 18 kali lagi di Premier League.

Baca Juga: Arsenal Sikat Manchester United, Kokoh di Puncak Klasemen

Jika Haaland selalu main dan mencetak gol, bukan tak mungkin dia akan membuat rekor gol Liga Inggris di era Premier League. Sejak Premier League digulirkan pada musim 1992/92 pencetak gol terbanyak dalam satu musim adalah Alan Shearer dan Andy Cole.

Kedua pemain ini mampu mencetak 34 gol dalam 1 musim kompetisi. Andy Cole melakukannya pada musim 1993/94 saat masih membela Newcastle United.

Adapun Shearer melakukannya di musim berikutnya, yakni 1994/95. Saat itu, Shearer masih membela Blackburn Rovers.

Usai musim itu, gol terbanyak dari peraih sepatu emas adalah 32. Di musim 2017/18, Mohamed Salah menjadi top skor Liga Inggirs. Dia mengemas 32 gol bersama Liverpool.

Baca Juga: Barcelona Juara Piala Super Spanyol, Real Madrid Merana

Mo Salah pun melewati capaian Alan Shearer di musim 1995/96, Shearer yang masih membela Blackburn., menjadi top skor dengan mengemas 31 gol.

Cristiano Ronaldo juga pernah melakukannya. Ronaldo mencetak 31 gol di musim 2007/2008 saat membela Manchester United. Usai Ronaldo, Luis Suarez melakukannya di musim 2013/14. Suarez juga mencetak 31 gol saat membela Liverpool.

Kini peluang Haaland untuk melewati capaian Suarez, Ronaldo, Mo Salah, maupun Alan Shearer dan Andy Cole masih terbuka. Kuncinya adalah konsisten mencetak gol.

56