Home Regional KPU Kota Tegal Lantik 81 PPS Pemilu 2024, Ini Tugasnya

KPU Kota Tegal Lantik 81 PPS Pemilu 2024, Ini Tugasnya

Tegal, Gatra.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Jawa Tengah, melantik 81 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), Selasa (24/1). Mereka akan bertugas di 27 kelurahan.

Setelah dilantik, mereka langsung bekerja melaksanakan tahapan pemilu 2024. Selain itu, mereka juga diminta menandatangani pakta integritas sebagai komitmen untuk menjalankan tugas sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Hari ini kami melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah janji PPS. Masing-masing kelurahan ada tiga anggota PPS," kata Komisioner KPU Kota Tegal Thomas Budiono usai pelantikan yang digelar di Pendopo Balai Kota Tegal.

Baca Juga: Prabowo Keliling Solo: Kota Khusus, Lewat Sini Capai Pangkat Tertinggi

Thomas mengatakan, 81 PPS yang dilantik merupakan hasil seleksi sekitar 400 pendaftar. Proses seleksi meliputi adminstrasi, tes tertulis, dan wawancara.

"Besok kami akan memberi bimtek (bimbingan teknis) terkait tugas-tugasnya. Harapannya mereka bisa menjalankan tugas dengan baik," ujarnya.

Menurut Thomas, PPS merupakan ujung tombak badan ad hoc dan sebagai kepanjangan KPU di tingkat kelurahan. Mereka yang akan berhadapan langsung dengan masyarakat, pemilih, parpol, dan pengamat pemilu.

Baca Juga: Fokus Pilpres, Gerindra Enggan Bahas Pilgub

"Oleh karena itu mereka harus dibekali dengan berbagai kemampuan terkait dengan pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Januari 2024," ucapnya.

Thomas mengatakan, tugas pertama anggota PPS yang sudah dilantik, yakni berkoordinasi dengan kelurahan untuk mendapatkan tenaga kesekretariatan, termasuk kantor sekretariat.

"Tanggal 26 Januari mereka harus mengumumkan pendaftaran pantarlih atau petugas pemutakhiran pemilih. Mereka yang umumkan, rekrut, cek administrasi, dan menentukan siapa yang akan kita angkat. Pantarlih ada sekitar 891 di seluruh Kota Tegal," ujarnya.

301