Home Pendidikan Adakan Workshop KEBUT, Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Bakrie Ajarkan Ilmu Branding kepada Warga Desa Muncar

Adakan Workshop KEBUT, Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Bakrie Ajarkan Ilmu Branding kepada Warga Desa Muncar

Temanggung, Gatra.com - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mengadakan workshop KEBUT atau Kelas Branding untuk Temanggung, Selasa (24/01). Kegiatan ini menyasar remaja Desa Wisata Muncar Moncer Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Adanya workshop KEBUT diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mengenai branding. Terutama agar produk lokal Desa Muncar lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia, sehingga pendapatan warga akan bertambah.

Desa Muncar dipilih sebagai tempat penyelenggaraan KEBUT mengingat desa ini merupakan penghasil biji kopi Robusta dan gula aren. Biji kopi Robusta telah dipromosikan ke Belanda berkat pembinaan dari PT Astra Internasional melalui program Desa Sejahtera Astra (DSA). Selain itu, desa tersebut memiliki potensi pariwisata alam yang belum dikenal masyarakat luas.

Kegiatan ini merupakan bentuk nyata kontribusi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie bersama mahasiswa kepada masyarakat. Sejalan dengan metode experiential learning di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbud RI.

“Kami ingin masyarakat desa juga bisa melek branding sehingga dapat memaksimalkan pengembangan desanya, salah satunya di aspek ekonomi,” tutur Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Suharyanti, M.S.M,.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie tidak hanya memberikan materi tentang branding tetapi juga materi tentang fotografi dan copywriting. Para remaja tampak antusias menyimak pemaparan dari mahasiswa. Setelah sesi penyampaian materi, remaja Desa Muncar juga mendapatkan kesempatan untuk praktik fotografi, evaluasi foto, dan penulisan caption.

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini apalagi kami memiliki kegiatan rutin tahunan seperti Wiwit Kopi, Sadranan, Gumuk dan sebagainya sehingga pelatihan seperti ini dapat membantu para remaja di sini untuk berkreativitas dalam mempromosikan desanya,” ucap Ketua Wisata Muncar Moncer Himawan Yoga Amrullah.

Workshop KEBUT rencananya terus berlanjut dalam bentuk daring. Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie Suharyanti, M.S.M, sangat mendukung kegiatan sosial ini. Generasi muda harus banyak berkontribusi untuk sesama, karena masa depan bangsa ada di tangan mereka.

 

117